Sidakep Aplikasi Inovasi Mudahkan Fres Graduate Pencari Pekerjaan

Fresh graduate atau baru lulus sekolah dan kuliah serta korban pemutusan hubungan kerja (PHK) di Kota Cimahi yang ingin mendapatkan pekerjaan, bisa memanfaatkan aplikasi Sistem Data Ketenagakerjaan dan Pelatihan Terintegrasi (Sidakep). 


Kabaran Kota Cimahi, - Fresh graduate atau baru lulus sekolah dan kuliah serta korban pemutusan hubungan kerja (PHK) di Kota Cimahi yang ingin mendapatkan pekerjaan, bisa memanfaatkan aplikasi Sistem Data Ketenagakerjaan dan Pelatihan Terintegrasi (Sidakep). 


Aplikasi ini memudahkan mereka untuk mendapatkan informasi tentang lowongan kerja.


Sidakep merupakan inovasi yang dirancang Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cimahi untuk memudahkan fresh graduate dan korban PHK mencari pekerjaan. Bukan hanya untuk pencari kerja, Sidakep juga bisa bermanfaat bagi perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.


"Kami ingin pencari kerja atau perusahaan yang butuh karyawan dapat memanfaatkan aplikasi https://sidakeptri.cimahikota.go.id untuk mendapat informasi peluang kerja yang selalu up to date," kata pelaksana tugas (plt) Wali Kota Cimahi Ngatiyana di Gedung Cimahi Technopark Baros, dilansir laman InewsJabar pada Selasa (15/3/2022).


Ngatiyana menyatakan, bertambahnya jumlah penduduk tidak sebanding dengan lapangan kerja yang terbatas. Jika tidak dicarikan solusi akan menjadi masalah sosial. Apalagi permasalahan angkatan kerja ini sangat terkait dengan keahlian atau skill dan kompetensi pencari kerja yang belum sesuai kebutuhan pasar.


"Solusi dari hal itu kami membuat aplikasi Sidakep yang dapat menjembatani pencari kerja, perusahaan, pemerintah, lembaga pelatihan kerja (LPK), dan bursa kerja khusus (BKK)," ujarnya.


Selain itu, tutur plt Wali Kota Cimahi, Pemkot Cimahi juga menggelar kegiatan perluasan kesempatan kerja yang diikuti oleh pelajar SMK di Kota Cimahi di di Gedung Cimahi Technopark Baros.


Tujuannya untuk mempersiapkan siswa atau siswi kelas XII SMK dalam mendapatkan informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia kerja yang segera mereka hadapi setelah lulus sekolah.


"Mereka ini sebentar lagi akan menghadapi dunia kerja, sehingga harus disiapkan menjadi tenaga kerja produktif dan berkualitas," tutur plt Wali Kota Cimahi.


Kota Cimahi, kata Ngatiyana, adalah kota dengan Tingkat Pertumbuhan Angkatan Kerja (TPAK) yang sangat besar. Hal itu menjadi potensi untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi tinggi. Sehingga perlu ada pelatihan, pemagangan, dan penyaluran tenaga kerja.

Posting Komentar untuk "Sidakep Aplikasi Inovasi Mudahkan Fres Graduate Pencari Pekerjaan"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1