Gelaran Karnaval, Sedekah Bumi Buyut Sampu Sebagai Bentuk Wujud Rasa Syukur

Gelaran Karnaval, Sedekah Bumi Buyut Sampu Sebagai Bentuk Wujud Rasa Syukur


Kabaran Indramayu, - Gelaran Karnaval budaya Sedekah Bumi, tradisi di mana masyarakat Desa setempat, mempercayai turun temurun sebagai bentuk wujud rasa syukur yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Warga setempat secara antusias meramaikan acara tersebut yang di adakan di Desa Jumbleng Blok Jangga Tua Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu, mulai star pukul 09:00 WIB sampai dengan selesai berlangsung meriah, Selasa (25/10/2022).

Berbagai macam hasil bumi menghiasi setiap tumpeng yang dibentuk berbagai macam karakter, ada berbentuk kingkong, ogoh-ogoh dan lainya.

Menurut Suyanto selaku Kepala Desa Jumbleng mengucapkan terimakasih kepada seluru jajaran pengurus lingkungan dan seluruh warga masyarakat Rw03 Blok Jangga Tua

"Seperti biasa dari tahun ketahun dengan di adakan kegiatan ini kami dari Pemdes Desa Jumbleng mendukung dan sekali lagi dalam membangun nilai-nilai adat," ucap Suyanto.

"Kami mengaspreasi sekali dan mendukung acara Sedekah Bumi, karena tidak hanya satu blok saja karena ada blok-blok lain yang secara waktunya bergantian," terang Suyanto. 

Kuwu Suyanto juga menambahkan, "Harapannya dengan diadakan acara ini menjadi mempersatu untuk ajang silahturohim kepada seluruh masyarakat Desa Jumbleng, “ kata Suyanto.

"Sekali lagi dari pemerintah Desa Jumbleng, saya ucapkan terimakasih," tambahnya.

Sementara menurut Jukri Ketua Panitia Sedekah Bumi Buyut Sampu mengatakan, "Saya sebagai ketua panitia mempunyai rasa tanggung jawab atas segala hajatnya," ucapnya.

"Sedekah Bumi dan Munjungan Buyut Sampu, mudah-mudahan kami di beri keselamatan dan juga tentunya keamanan dalam menjalan kan arak-arakan," harap Jukri.

"Dengan di adakan acara ini bisa menban gun rasa persatuan dan kesatuan antara bidang apapun dan saling menghormati," ucapnya.

Kontributor: Alung

Posting Komentar untuk "Gelaran Karnaval, Sedekah Bumi Buyut Sampu Sebagai Bentuk Wujud Rasa Syukur"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1