Tingkatkan Konsumsi Pangan Berkualitas, PT Tatanan Alam Segar Giat Panen Perdana Bawang Merah

Tingkatkan Konsumsi Pangan Berkualitas, PT Tatanan Alam Segar Giat Panen Perdana Bawang Merah


Kabaran Cianjur
, - Dalam rangka mendukung kegiatan Peningkatan ketersediaan pangan Strategis Dalam Negeri serta Peningkatan konsumsi pangan berkualitas PT Tatanan Alam Segar Melaksanakan Panen Perdana Bawang Merah di Kampung pasir Muncang RT 03 / 07, Desa Nanggalamekar, Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, Minggu (22/1/2023).

Turut hadir Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kabupaten Cianjur Jabar Insanuddin Lingga, Agro Jawa Barat Paiss, Owner PT Tatanan Alam Segar Ir.Hari Bahrudin Manurung, Dansektor 12 Citarum Harum Kolonel Kav Bokiar serta Ir.Erion Agus, Camat Ciranjang, Kades dan tamu undangan lainnya.

Mewakili TAS, praktisi sekaligus founder Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB), Eriyon Agust menjelaskan, tanaman jenis apapun akan tumbuh dengan baik selama kebutuhan nutrisinya tercukupi Menurut dirinya pupuk dan nutrisi itu berbeda, 

"Maka jika ingin tanaman tumbuh dengan baik harus kita ketahui apa kebutuhan nutrisi tanaman itu,” kata Eriyon.

Panen dari lahan seluas 2,5 hektar tersebut menghasilkan sekira 20 ton bawang merah dengan kualitas yang sangat baik. Panen tersebut juga menjadi ajang pembuktian dari pemahaman yang sampaikan Eriyon dan TAS sebelumnya.

“Jadi persoalannya bukan pada lahan harus seperti apa, tetapi pada nutrisi apa yang dibutuhkan oleh tanaman. Dan setiap tanaman itu kebutuhan nutrisinya berbeda-beda, sehingga perlakuan kita pun harus disesuaikan,” terangnya.

Ilmu tersebut menurut Eriyon juga berlaku pada hewan ternak. Ia mencontohkan antara ayam pedaging dan ayam petelur memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda, disesuaikan dengan tujuan dari peternakan itu sendiri.

Pemahaman tersebut akhirnya dikembangkan PT TAS menjadi sebuah produk nutrisi untuk tanaman dan hewan ternak. Panen bawang merah di lahan marginal itu menjadi bukti keberhasilan pengembangan teknologi dan ilmu pertanian.

Posting Komentar untuk "Tingkatkan Konsumsi Pangan Berkualitas, PT Tatanan Alam Segar Giat Panen Perdana Bawang Merah"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1