Self Remimder, Keilmuan Manusia Sangatlah tidak Sempurna

Self Remimder, Keilmuan Manusia Sangatlah tidak Sempurna / Foto: Vincentiu Solomon/Unsplash

Kabaran Jabar, - Kunasehati diriku dan dirimu dengan perkataan Ibnu Atha'illah As-Sakandari, seorang tokoh tasawuf di dunia, Salah satu karya terbesar Ibnu Athaillah ialah kitab Al-Hikam.

Ia berkata, "Jika engkau berprasangka benar kepada Allah, engkau pasti akan tahu bahwa keterhalanganmu dari sesuatu yang engkau mau, sebenarnya itu adalah anugerah dari Allah kepadamu,".

Namun sayang, tidak sedikit orang yang tidak memiliki prasangka yang benar kepada Allah, hingga tidak memiliki kemampuan membaca kebaikan dibalik takdir, boleh jadi itu adalah aku dan mungkin dirimu.

Memang jika sejenak, kita merenung bagaimana mungkin Allah Maha Baik, Maha Sayang membuat cerita untuk hamba-Nya dengan maksud zalim.

Tentu sangat tidak mungkin. Tidak mungkin Allah menzalimi hambaNya. Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Allah tidak menzalimi seseorang sekecil apapun juga,”(QS. An-Nisa’ [4] : 40).

Allah SWT memberikan keputusan-keputusan kepada hamba dengan keilmuan-Nya yang luar biasa sempurna, dan keilmuan manusia sangatlah tidak sempurna.

Tak sedikit, karena itu orang mengalami kegoncangan keyakinan pada keadilan, kasih sayang pada takdir yang dialaminya hingga tak ridha menerimanya. Tak sedikit pula yang menganggap Allah tidak berbuat adil pada dirinya.

Cara mengidentifikasi kebaikan Allah pada hamba-Nya adalah mendekatkan hamba dengan-Nya, boleh jadi dengan kejadian-kejadian yang memilukan menyedihkan.

Lebih baik diberi oleh Allah peristiwa yang memilukan jadi lebih dekat dengan-Nya ketimbang dilibatkan peristiwa suka cita tetapi jadi lebih jauh dengan-Nya.

Maka keberpisahan seseorang dari kehidupanmu tetapi membuat dirimu jadi lebih baik, maka itu adalah kebaikan Allah pada dirimu.

Semoga Allah memberikan kepada aku dan dirimu hikmah dan dimasukan ke dalam golongan orang-orangSholeh.

Met aktivitas, semoga sukses, sehat dan diluaskan rezekinya

Salam Takjim, Idat Mustari

Posting Komentar untuk "Self Remimder, Keilmuan Manusia Sangatlah tidak Sempurna"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1