Penipuan, Catut Nama Pj Wali Kota Cimahi Gunakan Foto Profil Dicky Saromi

Penipuan, Catut Nama Pj Wali Kota Cimahi Gunakan Foto Profil Dicky Saromi / Foto: Ferry Bangkit Rizki


Kabaran Cimahi, - Diduga penipuan mencatut nama Pejabat (Pj) Wali Kota Cimahi, menggunakan foto profil Dicky Saromi dan mengirim pesan melalui aplikasi WhatsApp kepada para pejabat di lingkungan Pemkot Cimahi, meminta mereka untuk mentransfer sejumlah uang.


Kejadian penipuan yang mencatut nama Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, memang sangat tidak menyenangkan.


Dalam kasus ini, beberapa pejabat telah menerima pesan tersebut pada Sabtu (21/10/2023) malam, sebelum Pj Wali Kota Cimahi dilantik oleh Pj Gubernur Jawa Barat.


Salah satu pejabat, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, Endang, menyadari adanya kejanggalan pada foto profil pelaku dan memutuskan untuk tidak melanjutkan tindakan lebih lanjut.


"Pelaku penipuan tersebut meminta para pejabat untuk datang ke salah satu hotel dan meminta mereka untuk mentransfer sejumlah uang. Hal ini jelas merupakan modus penipuan yang dilakukan oleh pelaku yang tidak bertanggung jawab," kata Endang saat dihubungi, Senin (23/10/2023).


Dalam hal ini, Endang menghimbau bagi semua pihak untuk tetap waspada terhadap aksi penipuan semacam ini.


"Jangan mudah percaya pada pesan yang mencurigakan dan selalu verifikasi keaslian pesan serta identitas pengirim sebelum mengambil tindakan apapun. Laporkan kejadian ini kepada pihak berwenang," ungkapnya.


Dalam situasi ini, Pj Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, telah mengetahui adanya aksi penipuan yang mencatut namanya.


Namun, dia menegaskan bahwa nomor yang digunakan oleh pelaku penipuan tersebut bukan nomor HP miliknya.


"Saya kecewa dengan tindakan penipuan tersebut. Saat pesan penipuan tersebut dikirimkan, saya belum dilantik sebagai Pj Wali Kota Cimahi, sehingga tidak memiliki kewenangan untuk memerintahkan para pejabat di lingkungan Pemkot Cimahi," terang Dicky.


Dicky meminta agar semua Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat tetap waspada.


Dalam hal seperti ini, penting bagi semua pihak untuk tetap berhati-hati dan tidak mudah percaya pada pesan-pesan yang mencurigakan.


"Verifikasi keaslian pesan dan identitas pengirim sebelum mengambil tindakan apapun merupakan langkah yang penting. Jika ada kecurigaan atau kejadian penipuan, sebaiknya dilaporkan kepada pihak berwenang untuk penanganan lebih lanjut," pungkasnya. (Bd20)


Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Penipuan, Catut Nama Pj Wali Kota Cimahi Gunakan Foto Profil Dicky Saromi"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1