Pentingnya GELIAT Adminduk, Ngatiyana: Tingkatkan Pemahaman Masyarakat

 

Pentingnya GELIAT Adminduk, Ngatiyana: Tingkatkan Pemahaman Masyarakat


Kabaran Jabar Cimahi, - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melakukan Pencanangan Pemberdayaan Masyarakat dalam Era Transformasi Digital melalui Gerakan Literasi Digital Adminstrasi Kependudukan (GELIAT Adminduk).

Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memahami pentingnya memiliki kelengkapan dokumen kependudukan.

Kegiatan diselenggarakan secara hybrid yakni virtual melalui Zoom Meeting dan secara tatap muka bertempat di Aula Gedung B Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi.

Terdapat perwakilan warga yang ditetapkan sebagai kader Wali Gisa atau Warga Peduli Gerakan Indonesia Sadar Adminduk sebagai perpanjangan tangan Disdukcapil dan mitra kerja Kecamatan dan Kelurahan.

Plt. Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan pentingnya pengelolaan data administrasi kependudukan.

"Kegiatan GELIAT Adminduk untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengakses layanan Adminduk sehingga bisa mendapatkan layanan yang efektif efisien responsif transparan dan akuntabel. Diharapkan masyarakat dapat bekerja sama dalam mencapai data kependudukan yang akurat di Kota Cimahi,” ujarnya.

Gerakan Literasi Digital khususnya di bidang layanan Adminduk merupakan upaya memberikan pemahaman melalui pembiasaan digital, baik mengakses maupun memanfaatkan dokumen dan menjaga keamanan data dokumen elektronik yang tersimpan secara digital. 

Pengajuan pelayanan Adminduk Disdukcapil Kota Cimahi melalui smartphone di lapangan ternyata masih menemui kendala.

Masih banyak warga memilih pelayanan tatap muka karena kesulitan menggunakan layanan berbasis digital.

“Dengan dibentuknya kader-kader untuk menyebarkan pada masyarakat di wilayah lingkungan masing-masing sehingga lebih mengetahui dan memahami tata cara menggunakan layanan Aminduk secara digital. Jadi masyarakat tidak perlu datang lagi secara tatap muka di Disdukcapil tapi cukup dari rumah bisa terlayani,” ungkap Ngatiyana. 

Dia berharap dengan adanya inovasi di bidang layanan publik akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan. 

“Semoga inovasi ini bermanfaat bagi masyarakat sehingga akan tercapai layanan yang cepat, tepat dan efisien sehingga dimudahkan dalam mendapatkan pelayanan,” tuturnya.***

Posting Komentar untuk "Pentingnya GELIAT Adminduk, Ngatiyana: Tingkatkan Pemahaman Masyarakat"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1