Akibat Hujan Deras, Kapan Dapat Solusi Agar Warga Dapat Tidur Nyenyak Ketika Banjir Melanda

Akibat hujan deras yang mengguyur sedari sore hari hingga malam hari pukul 21.00 WIB. Banjir di wilayah Kelurahan Melong Kota Cimahi kapan dapat Solusi agar warga dapat tidur nyenyak dimalam hari.



Kabaran Cimahi, - Akibat hujan deras yang mengguyur sedari sore hari hingga malam hari pukul 21.00 WIB. Banjir di wilayah Kelurahan Melong Kota Cimahi kapan dapat Solusi agar warga dapat tidur nyenyak dimalam hari.

Begitulah harapan warga yang terdampak banjir diwilayah Rw.2 Kelurahan Melong Kota Cimahi, pada Senin (14/11/2022). 

Akibat curah hujan yang sangat deras, menurut laporan warga sampai malam hari warga masyarakat kebingungan dikarenakan luapan air selokan.

Maryam salah satu warga melalui telpon selulernya kepada media menjelaskan.

"Iya pak, minta tolong bantu kami warga rt.2 rw.2 kelurahan melong Cimahi Selatan, kami butuh bantuan," terangnya.

Menurutnya, bahwa rumahnya terjebak banjir hingga leher orang dewasa. 

Dirinya juga mengatakan, banyak warga juga yang terjebak didalam rumah.

"Kemungkinan banyak yang terjebak banjir didalam rumah masing-masing, dan mereka juga kebingungan," cetusnya.

Seorang warga yang rumahnya juga terendam dan roboh beberapa bagian dari rumah kediamannya. Dengan harapan keluarganya diungsikan ke tetangga yang tidak terdampak banjir.

"Banjir di Kelurahan Melong Kota Cimahi kapan dapat Solusi agar warga dapat tidur nyenyak dimalam hari," harapnya.

Sementara tim media menanyakan kepada Suryana selaku Ketua Rw.2 dirinya mengatakan, bahwa banjir mulai terasa oleh warganya sekitar pukul 20.00 WIB.

Dari intensitas hujan deras serta luapan air dari selokan Sukahaji dan selokan Sukamulya. 

"Awalnya dari hujan yang begitu besar, serta luapan air dari selokan, dikarenakan ruas selokan yang sempit hingga air meluap dan menggenang ke pemukiman warga", ungkap Suryana.

Suryana juga menjelaskan, bahwa akibat dari sempitnya ruas selokan yang ada dikarenakan belum ada solusi yang dapat direalisasikan semenjak kepemimpinan beberapa kali kepala daerah di Kota Cimahi.

"Ada mungkin solusi, tapi belum tereksekusi membikin sodetan, sedari jaman pa Itojh, bu Aty, sampai pa Ajay, yang ada baru rencana dan wacana begitu saja," tandasnya. 

Suryana berharap, terpenting adanya solusi dengan cara membuat sodetan-sodetan agar air tidak meluap lagi ke pemukiman warga.

"Yang penting ada sodetan, insyaalloh air tidak terlalu banyak dan meluap ke pemukiman warga," tegasnya.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, akibat dari banjir tersebut yang mengakibatkan beberapa rumah warganya terdampak rusak hingga ada yang roboh. 

"Yang terdampak banjir ada di empat Rt, di warga Rt. 2 ada 2, satu rumah di Rt.1 dan satu rumah di Rt. 4, tapi bukan rumahnya yang roboh, namun bentengnya dan kacanya saja," ulasnya

Secara keseluruhan, sebanyak kurang lebih seratusan rumah warga yang terdampak banjir di Rw.3. Sementara itu dari pihak pemerintah setempat hingga BPBD Kota Cimahi telah meninjau dan memberikan bantuan.

Sementara dalam kesempatan tersebut Kepala Pelaksana BPBD Kota Cimahi, Fitriandy Kurniawan melakukan peninjauan ke lokasi banjir dan memberikan bantuan logistik berupa makanan dan minuman bagi warga yang terdampak.

“Benar telah terjadi banjir di wilayah Melong Cimahi Selatan Kota Cimahi dan beberapa rumah terendam banjir bahkan sebuah kendaraan roda empat sempat terbawa arus banjir," papar Andi saat melakukan peninjauan ke lokasi banjir.

Lanjut Andi, kami dari pemerintahan Kota Cimahi melalui Badan Penanggulan Bencana Daerah Kota Cimahi memberikan bantuan logistik.

Andi berharap masyarakat tetap waspada terhadap baik bencana banjir ataupun bencana benacana lainnya. Soalnya sekarang sudah memasuki bulan penghujan.

Posting Komentar untuk "Akibat Hujan Deras, Kapan Dapat Solusi Agar Warga Dapat Tidur Nyenyak Ketika Banjir Melanda"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1