Ada satu Hal istimewa, Peringatan Hari Paskah Jatuh di bulan suci Ramadhan

Ada satu Hal istimewa, Peringatan Hari Paskah Jatuh di bulan suci Ramadhan


Kabaran Cimahi, - Peringatan Hari Paskah Umat kristiani saat ini sedang khidmat menjalani Trihari Suci sejak Kamis (6/4/2023) dan akan berakhir pada Sabtu (8/4/2023).

Jemaat menjejali setiap sudut ruangan gereja yang berusia lebih dari 100 tahun itu. Ada satu hal istimewa yakni peringatan Hari Paskah jatuh di bulan suci Ramadhan. Saat mereka menjalani rangkaian peribadatan, umat muslim juga sedang menjalankan ibadah puasa yang ke 16 hari.

Salah satunya jemaat yang menjalankan Trihari Suci di Gereja Santo Ignatius, Jalan Baros, Kota Cimahi. 

"Betul sekali, jadi Paskah tahun ini bertepatan dengan bulan Ramadan. Kami sangat menghargai umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa," kata Maria Luciana Tri Catur, Ketua Panitia Hari Paskah Gereja Santo Ignatius saat ditemui, Jumat (7/4/2023).

Umat muslim juga turut terlibat dalam rangkaian ibadah Trihari Suci. Di antaranya Banser Nahdlatul Ulama yang menjaga keamanan serta membantu kepolisian mengatur arus lalu lintas di depan gereja.

"Kebetulan kegiatan kami di Trihari Suci ini dibantu oleh umat muslim, salah satunya Banser yang berjaga sejak Kamis Putih kemarin. Makanya kami mengucapkan terima kasih atas dukungannya," tutur Maria.

Potret itu menjadi bukti bahwa toleransi tumbuh subur di Kota Cimahi. Terlebih di bulan Ramadan 1444 Hijriah, ada peringatan keagamaan selain Paskah yang jatuh bertepatan dengan bulan Ramadan, yakni Hari Nyepi bagi umat Hindu.

Maria menyebut bentuk keterlibatan umat muslim dalam hari besar umat Kristiani sebagai bela rasa. Bela rasa itu akan dibalas oleh umat kristiani khususnya jemaat Gereja Santo Ignatius.

"Terima kasih untuk bela rasa dan toleransi dari teman-teman dan saudara muslim. Nanti kami akan membalas kebaikan itu melalui bela rasa juga. Karena kebetulan ini di bulan Ramadan, minggu depan kami akan melakukan hal sebaliknya. Nanti kita akan bagi-bagi takjil," kata Maria. 

Posting Komentar untuk "Ada satu Hal istimewa, Peringatan Hari Paskah Jatuh di bulan suci Ramadhan"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1