Program Pemberdayaan Rukun Warga, Cegah Terjadinya Bencana Longsor

Program Pemberdayaan Rukun Warga, Cegah Terjadinya Bencana Longsor
Kabaran Sukabumi, - Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW) dimanfaatkan warga RW 08 Kelurahan Cikundul. Salah satunya untuk mencegah terjadinya bencana longsor.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Kelurahan, Idun Saepudin, ketika meninjau tiga lokasi pelaksanaan P2RW pada 14 Juli 2023.

Ia menerangkan untuk mengantisipasi potensi bencana longsor di RW tersebut, masyarakat menggunakan dana P2RW untuk membangun Tembok Penahan Tanah (TPT). Pembangunan ini menurutnya sangat dibutuhkan karena dilokasi rawan longsor terdapat beberapa rumah milik warga.

“Yang sangat dibutuhkan diantara 10 RW ada terletak di RW 08, karena ada rumah warga dipinggir selokan, tentunya rawan longsor. Makanya diadakan program TPT sekaligus rabat beton jalan gang,” jelasnya.

Sementara itu Ketua RT 02 RW 08, Abdulrahman, yang ditemui oleh pihak kelurahan dalam peninjauan tersebut mengungkapkan P2RW diwilayahnya selain digunakan untuk membangun rabat beton dan TPT, dimanfaatkan pula untuk merehabilitasi lapang voli yang hingga saat ini pengerjaannya baru mencapai 80 persen.  

“Pertama rehabililitasi lapang bola voli di RT 02, kemudian pembangunan gang dan rabat beton dan TPT di RT 01. Alhamdullilah saat ini rabat beton dan TPT sudah selesai, lapang voli sudah mencapai 80 persen, insyaallah dalam beberapa hari kedepan bisa diselesaikan," ungkapnya.

Ia pun menyampaikan dengan telah meningkatnya kualitas jalan sangat mendukung mobilitas warga yang mayoritas bekerja disektor pertanian.

“Membantu mobilitas penduduk untuk mengangkut hasil pertanian, karena disini daerah persawahan, otomatis penduduk yang bertani transportasi hasil pertanian bisa menggunakan gang, termasuk mengangkut pupuk dan lainnya," jelasnya. (Diskominfo)

Posting Komentar untuk "Program Pemberdayaan Rukun Warga, Cegah Terjadinya Bencana Longsor"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1