Imunisasi HPV, Pemkot Cimahi Pastikan Cegah Para Remaja Terserang Kanker Serviks

Imunisasi HPV, Pemkot Cimahi Pastikan Cegah Para Remaja Terserang Kanker Serviks / Foto: Istimewa
Kabaran Cimahi, - Sebanyak 4.311 anak perempuan kelas 5 Sekolah Dasar (SD) bakal mendapatkan vaksinasi Human Papillomavirus (HPV) gratis oleh Pemerintah Kota Cimahi demi mencegah kanker serviks.

Selain imunisasi HPV, Pemkot Cimahi memastikan untuk mencegah para remaja putri terserang kanker serviks itu mulai dilaksanakan bulan ini yang dilaksanakan rotavirus dengan sasaran 729 bayi usia 2 bulan.

"Sasarannya itu 4.311 anak kelas 5 SD untuk vaksin HPV dan 729 vaksin rotavirusnya," kata Pj Wali Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan, pada Rabu (2/8/2023).

Sebab menurut dia, imunisasi HPV terhadap anak sangat penting untuk mencegah anak dari penyakit berbahaya itu.

Dikatakan Dikdik, ada dua penyakit tertinggi kematian di Indonesia. Pertama adalah penyakit jantung, yang Kedua penyakit kanker.

"Kanker ini kan macam-macam ya, ada kanker hati dan sebagainya, yang sering kali menimpa perempuam adalah kanker serviks, dan HPV ini adalah sebuah virus yang hidup di mulut rahim," ujar Dikdik.

Sehingga bisa meminimalisir terkena penyakit kanker serviks, Dikdik menjelaskan, vaksin HPV bisa memberikan semacam kekebalan tubuh pada anak-anak.

Vaksin tersebut akan diberikan dalam dua tahapan dengan rentan waktu satu tahun.

"Karena virus ini tidak ada obatnya, yang bisa kita lakukan adalah bagaimana kita memperkuat kekebalan tubuh kita, dan cara memperkuat kekebalan tubuh kita adalah melalui imunisasi," jelas Dikdik.

Namun diakuinya, potensi adanya penolakan dari orang tua untuk imunisasi anaknya memang ada.

Pihaknya akan terus melakukan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat bahwa vaksin ini sangat penting dan tidak berbahaya.

"Saya kira itu dinamika ya, tapi Insya Allah nanti ada tim yang memberikan sosialisasi dan edukasi, mudah-mudahan ada kesepahaman bahwa itu adalah sesuatu yang bermanfaat," imbuh Dikdik.

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Imunisasi HPV, Pemkot Cimahi Pastikan Cegah Para Remaja Terserang Kanker Serviks"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1