Self Remimder, Gelar Akademik dan Kejujuran

Self Remimder, Gelar Akademik dan Kejujuran

Kabaran Jabar, - Salah satu cara agar meraih kedudukan yang terhormat dan dihormati oleh orang lain adalah sekolah atau kuliah. Orang yang tamat kuliahnya berhak menyandang gelar akademik.


Gelar akademik atau gelar akademis adalah gelar yang diberikan kepada lulusan pendidikan akademik bidang studi tertentu dari suatu perguruan tinggi. Gelar akademik kadang kala disebut dengan istilahnya dalam bahasa Belanda yaitu titel (dari bahasa Latin titulus). Gelar akademik terdiri dari  sarjana (Bachelor), magister (master), dan doctor (doctor).


Tentu saja harapannya dengan menyandang gelar akademik, naik derajatnya, orang lain pun menghormatinya. Begitupun harapan lain dengan embel-embel gelar di depan atau belakang namanya, hidup jadi sukses. Namun penelitian modern menyebutkan ternyata kunci kesuksesan adalah kejujuran.


Nabi Muhammad SAW adalah seorang yang ummi, tetapi berada di peringkat nomor satu sebagai tokoh yang paling berpengaruh di dunia, seperti ditulis oleh seorang Jewish atau tokoh non muslim yang bernama Michael H Hart dalam bukunya yang berjudul “The 100: A Ranking of the Most Influential Persons in History" atau dalam bahasa Indonesia berarti 100 Peringkat Orang Paling Berpengaruh dalam Sejarah.” Itu karena Nabi Muhammad SAW memiliki mental kejujuran hingga ia pun bergelar Al-amin (dapat dipercaya). 


Kepercayaaan seseorang kepada orang lain lahir karena rasa hormat (respect). Respect muncul karena kejujuran. Tanpa kejujuran siapapun orangnya bergelar atau tidak, maka jangan berharap mendapatkan respect (rasa hormat) dari orang lain.


Hari ini bumi semakin kesulitan menemukan orang-orang yang jujur. Jean Jaques Rousseau berkeluh kesah sambil berkata, "Semakin banyak orang pandai, semakin sulit dicari orang jujur. Berilmu tinggi tapi hati nya dipenuhi kerakusan, iri, hati, kebencian dan penipuan"


Belajar dan berusahalah jujur, meskipun sulit. Dan bermimpilah bisa dihormati oleh orang lain tanpa kejujuran. Salam Takjim.


Oleh: Idat Mustari

Pemerhati Sosial, Keagamaan

Posting Komentar untuk "Self Remimder, Gelar Akademik dan Kejujuran"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1