Pohon Tumbang Menimpa Rel Kereta Api di Petak Jalan Cimahi-Cimindi

Pohon Tumbang Menimpa Rel Kereta Api di Petak Jalan Cimahi-Cimindi / Foto: Lurah Cigugur Tengah, Rezza Rivalsyah menjelaskan bahwa pohon tumbang ini disebabkan oleh kondisi pohon yang sudah tua.

Kabaran Cimahi, - Hujan deras disertai angin kencang telah menyebabkan sebatang pohon tumbang di Kampung Sindangsari, Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.


Pohon tersebut jatuh dan menimpa rel kereta api di petak jalan Cimahi-Cimindi, jalur Hulu-Hilir KM 148+8/9, pada 25 Oktober 2023.


Tim dari PT KAI (Perusahaan Kereta Api Indonesia) dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Cimahi telah berusaha keras untuk mengevakuasi pohon tersebut dengan memotong ranting menggunakan gergaji mesin.


Beruntungnya, kejadian ini terjadi saat tidak ada kereta api yang sedang melintas di daerah tersebut, sehingga tidak ada korban jiwa. Kejadian ini terjadi sekitar jam 2 siang, saat turun hujan deras disertai angin kencang selama hampir dua jam.

BPBD Kota Cimahi untuk melakukan evakuasi pohon tumbang / Foto: Ferry Bangkit

Diketahui pohon mahoni dengan diameter sekitar 80 sentimeter dan ketinggian 6 meter tersebut diduga tumbang karena kondisinya yang sudah tua dan rapuh, diperparah dengan adanya embusan angin kencang.


Angin kencang pada saat kejadian mirip dengan angin puting beliung, yang membuat evakuasi pohon harus dilakukan sebelum kereta api dapat melintas.


Saat dihubungi, Lurah Cigugur Tengah, Rezza Rivalsyah menjelaskan bahwa pohon tumbang ini disebabkan oleh kondisi pohon yang sudah tua.


"Tekanan yang diterima oleh akar pohon tidak kuat untuk menahan beban, sehingga pohon mudah tumbang. Selain menimpa rel kereta api, pohon ini juga menimpa kabel listrik, yang menyebabkan gangguan pada aliran listrik di sekitarnya," terang Rezza.


Setelah kejadian, dijelaskan Rezza, pihak berwenang segera menghubungi petugas BPBD Kota Cimahi untuk melakukan evakuasi pohon tumbang tersebut agar tidak mengganggu perlintasan kereta api terlalu lama.


"Tim BPBD diprioritaskan untuk datang ke lokasi kejadian karena melibatkan perlintasan kereta api, khawatir banyak yang terganggu," katanya. (Bd20)


Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Pohon Tumbang Menimpa Rel Kereta Api di Petak Jalan Cimahi-Cimindi"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1