Post ADS 1 **********. Kabaran News and Music. **********

Sangat Penting, Hindari Benturan Kepentingan

Sangat Penting, Hindari Benturan Kepentingan

Kabaran Bandung, - Penerapan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance/GCG) dalam industri perbankan, termasuk BPR, sangat penting untuk menjaga integritas dan kinerja perusahaan.


Penerapan GCG membantu memastikan bahwa BPR menjalankan operasinya dengan transparansi, akuntabilitas, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.


Hal itu dijelaskan oleh Advokat dan Komisaris BPR Kerta Rahardja Idat Mustari. Benturan kepentingan terjadi ketika ada perbedaan antara kepentingan ekonomis BPR dengan kepentingan ekonomis pribadi pemilik, anggota Direksi, anggota Dewan Komisaris, Pejabat Eksekutif, dan/atau pihak terkait dengan BPR.


"Salah satu aspek penting dari penerapan GCG adalah penanganan benturan kepentingan (Conflict of Interest)," ucapnya, Minggu (23/10/2023).


Penerapan GCG dalam BPR memastikan bahwa benturan kepentingan dihindari sebisa mungkin.


Namun, jika benturan kepentingan tetap terjadi dan keputusan harus diambil, pihak terkait harus mengutamakan kepentingan ekonomis BPR dan melindungi BPR dari kerugian atau berkurangnya keuntungan.


"Pemberian perlakuan istimewa kepada pihak-pihak tertentu di luar prosedur dan ketentuan yang berlaku, termasuk dalam kategori benturan kepentingan, harus dihindari. Hal ini termasuk pemberian suku bunga yang tidak sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku," terangnya.


Penerapan GCG dan manajemen risiko yang baik tidak hanya membantu menghindari potensi kecurangan, tetapi juga meningkatkan kinerja keuangan BPR.


Idat Mustari berharap penting untuk menjaga integritas dan mematuhi kebijakan dan prosedur sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dengan demikian, dapat diharapkan bahwa benturan kepentingan dapat diminimalkan atau dihindari sepenuhnya.


"Memahami pentingnya penerapan GCG dan menghindari benturan kepentingan dalam BPR merupakan langkah penting untuk menjaga integritas dan memastikan kelancaran operasional perusahaan," pungkasnya. (Ich)


Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Sangat Penting, Hindari Benturan Kepentingan"

Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Post ADS 1
Post ADS 1
Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Seedbacklink