Dorongan Positif dan Inspirasi, Sandiaga Uno Temui Komunitas Pelaku Usaha di Cimahi

Dorongan Positif dan Inspirasi, Sandiaga Uno Temui Komunitas Pelaku Usaha di Cimahi
Kabaran Cimahi, - Kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam kegiatan "Nemuin Komunitas" (Netas) yang diselenggarakan oleh Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Inaka Coffee, Jl. Padat Karya, Cibeber, Kec. Cimahi Selatan Kota Cimahi, Rabu (13/12/2023).

Dengan turut serta dalam acara ini, menunjukkan komitmen pemerintah terhadap pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, dan diharapkan dapat memberikan dorongan positif dan inspirasi bagi komunitas serta pelaku usaha.

Kepala Biro Komunikasi, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani, mengenai kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menunjukkan kesadaran akan pentingnya memahami tantangan dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kehadiran Menparekraf dalam program tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam dan solusi yang efektif terhadap berbagai tantangan yang dihadapi.
Dengan tema "Inovasi Produk Kreatif Lokal" pada acara "Nemuin Komunitas" menunjukkan fokus pada penguatan pengembangan inovasi produk kreatif lokal. Dengan melibatkan komunitas pelaku ekonomi kreatif, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang mendukung kolaborasi dan pertukaran ide untuk mendorong inovasi dalam skala lokal.

Dewi mengatakan mengenai program menemui pelaku ekonomi kreatif yang menciptakan sinergi antara pemerintah dan komunitas menunjukkan pentingnya kolaborasi erat dalam pengembangan sektor ekonomi kreatif. Sinergi ini diharapkan dapat memberikan dukungan maksimal bagi para pelaku ekonomi kreatif dan menciptakan kondisi yang kondusif untuk pertumbuhan bersama.

"Pentingnya kerja sama antara pemerintah dan komunitas untuk mencari solusi konkret dalam mengatasi tantangan. Harapannya adalah melalui kolaborasi ini, dapat dirumuskan rencana tindak lanjut bersama yang mampu meningkatkan kualitas dan memberikan dampak positif bagi semua," kata Dewi.

Dewi menekankan upaya dalam membangun kerjasama langsung dengan stakeholder dan komunitas, serta mensosialisasikan program Kemenparekraf.

"Fokusnya pada meningkatkan sinergitas antara pemerintah dan unsur pentahelix kepariwisataan, terutama melibatkan peran krusial dari komunitas dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," terangnya.

Dewi katakan, bahwa partisipasi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno memberikan dorongan positif dan inspirasi yang memotivasi komunitas pelaku ekonomi kreatif.

"Keberadaan beliau di acara tersebut dianggap sebagai faktor yang dapat memicu semangat dan kreativitas," tambahnya.

Komitmen Sandiaga Uno mencerminkan terhadap pengembangan produk kreatif lokal, "Harapannya, kegiatan tersebut dapat menjadi wadah untuk mempertemukan dan memajukan komunitas kreatif, serta mendorong inovasi berkelanjutan dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," pungkas Kepala Biro Komunikasi, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan harapannya terhadap Program Nemuin Komunitas (NETAS) dengan tema "Inovasi Produk Kreatif Lokal" dapat mendorong kemajuan komunitas pelaku ekonomi kreatif ke depan.
Dengan fokus pada inovasi produk lokal, diharapkan program ini dapat memberikan dorongan signifikan bagi perkembangan sektor ekonomi kreatif.

"Dengan dukungan ini, muncul talenta baru yang dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional, memperkuat posisi industri kreatif lokal secara global, harapannya komunitas di Kota Cimahi mengembangkan sektor ekonomi kreatif," kata Menparekraf Sandiaga.

Sandiaga menggarisbawahi potensi ekonomi kreatif dalam menciptakan peluang kerja dan stabilisasi harga bahan pokok.

Sementara itu, kombinasi infrastruktur canggih dan kearifan lokal diharapkan dapat memberikan dampak positif yang holistik terhadap pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, menciptakan keseimbangan antara kemajuan teknologi dan nilai-nilai lokal.

"Pendekatan jangka panjang dengan memadukan kemajuan teknologi dan nilai-nilai serta kebijaksanaan lokal. Strategi ini diharapkan mampu menciptakan dampak positif yang berkelanjutan, memperkuat fondasi pembangunan, dan mendukung pencapaian tujuan jangka panjang," ujar Sandiaga.

Mengenai prinsip-prinsip penting dalam meraih kesuksesan usaha, termasuk responsif terhadap peluang, gerak cepat, dan pemahaman pasar mendalam, menunjukkan pentingnya keterampilan adaptasi, kecepatan dalam pengambilan keputusan, dan pengetahuan pasar.

"Faktor-faktor ini dianggap kunci dalam mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis," ungkap Sandiaga.

Sementara itu, Dewi Trianawati Amd, Ketua UMKM Sahabat Sandiaga Uno Jawa Barat mengatakan, kegiatan "Nemuin Komunitas" (Netas) menunjukkan apresiasi terhadap upaya pemerintah dalam mendukung pengembangan produk kreatif lokal.
Dewi Trianawati Amd, Ketua UMKM Sahabat Sandiaga Uno Jawa Barat bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam kegiatan "Nemuin Komunitas" (Netas)
"Dengan melibatkan UMKM, diharapkan program ini dapat memberikan dorongan positif dan peluang lebih besar bagi para pelaku usaha kecil untuk berkembang," harapnya.

Tak lupa, ia juga mengucapkan terima kasih dengan acara kegiatan yang diselenggarakan oleh Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Program ini sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan produk kreatif lokal khususnya di Kota Cimahi," ungkap Teh Awi sapaan akrabnya Dewi Trianawati.

Narasumber yang dihadirkan, Ketua Gemawira Jabar 1, Ainul Hidayat, dan peserta komunitas undangan yang hadir, PHRI, HIPMI, Dewan Kesenian dan Kebudayaan Cimahi (DKKC), Himpunan Pramuwisata Indonesia, Komunitas Tjimahi Heritage, Kampung Adat CIREUNDEU, Komunitas MOCAF, Komunitas Vespa, Komunitas Videografi, Komunitas Lapak Cimahi, POKDARWIS Ciseupan Jaya, Orang Indonesia (Oi) Cimahi, Paguyuban Mojang Jajaka, Rumah Kreasi, Komunitas Pengrajin Kulit, Gapoktan Mekarjaya, Komunitas E-Sport, Komunitas Photography Info Cimahi, Genta Pamitran, POOCI, Komunitas Awi Sampurasun, Karang Taruna Cibeber, Komunitas Cimahi Vintage. (Bd20)

Ikuti saluran Kabaran Jabar Portal Informasi di WhatsApp: 

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Dorongan Positif dan Inspirasi, Sandiaga Uno Temui Komunitas Pelaku Usaha di Cimahi"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1