Program P5 Perkuat Karakter Kemampuan Peserta Didik Berdasarkan Kebutuhan Masyarakat


Program P5 Perkuat Karakter Kemampuan Peserta Didik Berdasarkan Kebutuhan Masyarakat


Kabaran Majalengka, - Program P5, atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, merupakan sebuah inisiatif lintas disiplin ilmu yang bertujuan untuk memperkuat karakter dan kemampuan peserta didik berdasarkan kebutuhan masyarakat.


Melalui penerapan P5 dalam Kurikulum Merdeka, diharapkan setiap individu peserta didik dapat menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, (29/2/2024).


Salah satu implementasinya adalah melalui Gelar Karya P5, di mana peserta didik dapat menampilkan ide dan inovasi mereka dalam berbagai bidang seperti seni budaya, keterampilan, dan kewirausahaan, dengan tema kebinekaan sebagai fokusnya.


Contoh nyata dari penerapan ini terjadi di SMAN 1 Sukahaji, di mana mereka berhasil menyelenggarakan Gelar Karya P5 dengan menampilkan pertunjukan seni dari berbagai daerah, seperti tarian Tor Tor dari Sumatera Utara dan pertunjukan pencak silat dari siswa SMAN 1 Sukahaji.


Acara tersebut juga diwarnai dengan stand bazar yang menampilkan produk karya siswa, sebagai bagian dari upaya untuk mengembangkan kewirausahaan di kalangan pelajar.


Melalui kegiatan ini, SMAN 1 Sukahaji tidak hanya mengutamakan tema kebinekaan, tetapi juga mendorong kemandirian siswa melalui kegiatan kewirausahaan.


Hal ini sejalan dengan tujuan Kurikulum Merdeka untuk mempersiapkan peserta didik menjadi individu yang dapat memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dengan memahami bahwa pencapaian sebuah karya membutuhkan proses dan kerjasama. *


Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Program P5 Perkuat Karakter Kemampuan Peserta Didik Berdasarkan Kebutuhan Masyarakat"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1