WhatsApp Desktop dan WhatsApp Web, Apa Saja Perbedaannya?

 

WhatsApp Desktop dan WhatsApp Web, Apa Saja Perbedaannya?

Kabaran Teknologi, - WhatsApp perangkat pintar yang merupakan sebuah aplikasi pesan instan terpopuler di dunia. Seperti diketahui membuka WhatsApp ada dua cara, yaitu melalui WhatsApp Web atau melalui aplikasi WhatsApp Desktop.

Untuk diketahui, kedua cara tersebut memiliki kelemahan dan keunggulan tersendiri. Versi aplikasi Desktop dengan versi ponsel, seperti melakukan panggilan audio. Namun, fitur ini tidak dapat digunakan bagi mereka yang menggunakan WhatsApp Web.

WhatsApp Web adalah akun WhatsApp langsung lewat browser yang dapat diakses melalui whatsapp.com yang dapat ditemukan di Microsoft Store aplikasi yang dipasang di PC atau laptop.

Sementara WhatsApp Desktop dan  WhatsApp Web apa saja perbedaannya? Simak artikel ini sampai habis!

Antarmuka dan fungsionalitas
WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop dirancang serupa sehingga keduanya hampir memiliki desain, fitur, dan pengalaman mengirim pesan yang sama. Antarmuka pada dua versi WhatsApp ini juga sama, mulai dari tombol, alat, dan ikon. Secara keseluruhan desain, WhatsApp Web menawarkan estetika yang sama dengan WhatsApp Desktop, begitu juga sebaliknya.

Dalam hal fungsionalitas, WhatsApp Web tidak mendukung pintasan keyboard. Hanya pengguna aplikasi WhatsApp Desktop saja yang dapat menggunakan pintasan keyboard yang dapat mengubah status baca pesan, membisukan obrolan, berpindah antar obrolan, dan banyak lagi.

Selain itu, seperti disebutkan di atas, WhatsApp Desktop bisa menerima panggilan masuk audio, sedangkan WhatsApp Web tidak bisa. Pengguna dapat melakukan panggilan menggunakan speaker dan mikrofon PC atau laptop, melalui WhatsApp Desktop.

Cara mengaksesnya
WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop dapat digunakan oleh siapa saja yang memiliki akun WhatsApp. Untuk menggunakan WhatsApp Web, hanya perlu mengunjungi situs resminya melalui browser. Kemudian, pindai kode QR di layar dari aplikasi WhatsApp di ponsel.

Sementara untuk WhatsApp Desktop, pengguna harus terlebih dahulu mengunduh dan menginstall aplikasi. Ini bisa didapat di Microsoft Store atau situs WhatsApp itu sendiri. Setelah aplikasi terinstall di PC atau laptop, lakukan hal yang sama untuk login dengan memindai kode QR dari smartphone.

Penggunaan memori
Dikutip dari Guiding Tech (23/5/2022), konsumsi memori aplikasi WhatsApp Desktop lebih rendah dibandingkan WhatsApp Web. Aplikasi tersebut menggunakan memori rata-rata antara 210-260MB. Sedangkan hasil eksperimen menggunakan WhatsApp Web lewat browser Microsoft Edge menggunakan memori sekitar 260-300MB.

Lebih baik WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop?
Jawabannya adalah tergantung seberapa sering pengguna menggunakan WhatsApp di PC atau laptop dan intensitas kebutuhannya. Jika Sahabat Tek adalah pengguna aktif WhatsApp di luar smartphone, maka disarankan untuk menginstall WhatsApp Desktop. Sebab, pintasan keyboard dapat membantu produktivitas Anda dan tidak menguras banyak memori.

Sementara itu, WhatsApp Web lebih cocok untuk penggunaan satu kali atau sesekali saja. Misalnya, Anda hanya perlu mengirim file dari komputer atau PC ke rekan kerja melalui WhatsApp.

Nah, itu dia perbedaan WhatsApp Desktop dan WhatsApp Web. Bagaimana menurut Sahabat?


Berbagai Sumber

Posting Komentar untuk "WhatsApp Desktop dan WhatsApp Web, Apa Saja Perbedaannya?"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1