Gelar Menanam Pohon, SMA Negeri I Saguling Hadirkan Pencinta Hewan Liar Aktivis Lingkungan Steve Ewon

SMA Negeri 1 Saguling, Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat menggelar acara menanam pohon dengan menghadirkan Pencinta hewan liar, Aktivis lingkungan Steve Ewon pada Jumat, 20 November 2022, di Desa Giri Mukti, Kecamatan Saguling.


Kabaran Saguling, - SMA Negeri 1 Saguling, Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat menggelar acara menanam pohon dengan menghadirkan Pencinta hewan liar, Aktivis lingkungan Steve Ewon pada Jumat, 20 November 2022, di Desa Giri Mukti, Kecamatan Saguling.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Dodit Ardian Pancapana, S.T., M.Sc, Kepala CDK IV Dishut Jabar, Aep Saepulloh Islam, S.Hut, M.M, Ketua MKKS Jawa Barat, Perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan KBB, Perwakilan Dinas Kependudukan KBB, Perwakilan Kecamatan Saguling, Kepala Desa Giri Mukti, serta Komite Pembentukan Bandung Barat.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Saguling, Husni Mubarak dalam sambutannya menyampaikan membangun konsep sekolah berbasis lingkungan dimana sudah dilakukan sejak dua tahun lalu.

"SMA Negeri 1 Saguling telah melaksanakan berbagai kegiatan, salah satunya gerakan Jumat Menanam (Juna) yang berkolaborasi dengan Dinas Kehutanan Jawa Barat melalui CDK Wilayah IV Dishut Jabar serta Kang Ewon,"

Kegiatan ini dalam rangka menyadarkan peserta didik agar mencintai lingkungan. 

"Program Kecil Menanam Dewasa Memanen (KMDM)melalui program ekstrakurikuler yang ada di lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Saguling, selain itu melalui gerakan Jumat Menanam yang digagas Dinas kehutanan Provinsi Jawa Barat, merupakan gerakan yang sangat mulia untuk masyarakat sekitar sekolah," 

Husni menambahkan, jika pihaknya juga akan dilakukan pengembangan kebun bibit sekolah yang bertujuan agar peserta didik mampu membuat persemaian di sekolah.

"Kami dari pihak sekolah akan menargetkan 20 batang setiap peserta didik untuk membuat persemaian sehingga nanti bisa ditanami dengan target 5.000 bibit siap tanam yang dilakukan oleh para siswa,"  

Sementara, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Dodit Ardian Pancapana menyampaikan jika kegiatan Jumat Menanam (JUNA) sudah dilaksanakan sejak enam bulan yang lalu dengan tujuan 

"Kegiatan ini esensinya adalah sebuah gerakan yang dilakukan bersama-sama, Inisiasinya bersama-sama turun dari masyarakat, dan manfaatnya untuk masyarakat itu sendiri," ujar Dodit saat diwawancara usai melaksanakan penanaman.

Ia menuturkan, gerakan (JUNA) ke sekolah merupakan salah satu bentuk sosialisasi menanam kebaikan untuk para siswa.

"Gerakan hari ini kita menanam akan membawa kebaikan untuk masa depan. Nanti beberapa tahun kedepan tanaman yang kita tanam hari ini akan memperoleh manfaat dan barokahnya,"

Dodit menambahkan, jika pohon dipelihara nanti kedepannya tentu akan menerima manfaatnya. 

Disinggung kolaborasi dengan Dinas Pendidikan, ia menilai jika gerakan dengan melibatkan banyak pihak termasuk dinas pendidikan melalui sekolah tentu akan mempercepat tujuan.

"Kami yakin para siswa mungkin baru saat ini melakukan penanaman pohon pertama kali, ini edukasi dan pengalaman yang berharga bagi para siswa tentu akan menjadi kenangan dan kebanggaan tersendiri," ujarnya.

Steve Ewon menjelaskan, jika menanam pohon adalah bentuk komitmen bersama menyelamatkan lingkungan dan alam.

"Udara yang kita hirup saat ini adalah buah tangan nenek moyang terdahulu, dan hari ini kita berada di sekolah merupakan salah satu bentuk komitmen bersama bagi kita semua, termasuk para pelajar, untuk bertanggung jawab melakukan kebaikan bagi masa depannya," tegasnya.

Sementara, mewakili Komite Pembentukan Kabupaten Bandung Barat, H. Adang menyampaikan terimakasih dan rasa syukurnya kepada para pihak yang telah memberikan nilai positif kepada Kabupaten Bandung Barat melalui sosialisasi dan gerakan moral kepada masyarakat.

SMA Negeri 1 Saguling, Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat menggelar acara menanam pohon dengan menghadirkan Pencinta hewan liar, Aktivis lingkungan Steve Ewon pada Jumat, 20 November 2022, di Desa Giri Mukti, Kecamatan Saguling.

"Terimakasih kepada Dishut Jabar, Disdik Jabar, Kepala Sekolah SMAN 1 SAGULING juga Kang Ewon yang sudah mengajak, bersama-sama menyosialisasikan pentingnya menanam pohon di wilayah Kecamatan Saguling, harapannya kegiatan ini terus berlanjut ke seluruh wilayah Kabupaten Bandung Barat," pungkasnya. ***

Posting Komentar untuk "Gelar Menanam Pohon, SMA Negeri I Saguling Hadirkan Pencinta Hewan Liar Aktivis Lingkungan Steve Ewon"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1