Pada era 90an, Musik Underground Berikan Pengaruh Lahirnya Demokrasi di Indonesia

Musik underground mempunyai peran penting dalam kebebasan berekspresi di Indonesia?

Kabaran Band, - Musik underground mempunyai peran penting dalam kebebasan berekspresi di Indonesia?

Aliran Musik underground sebagai penyampai kritik permasalahan. Bisa berfungsi kritik politik, sosial, dan ekonomi.

Musik underground atau musik bawah tanah sebagian orang tak begitu mengenal.

Aliran musik underground sebagian orang menganggap dalamnya hanya berisikan teriakan, anarkis dan minuman keras.

Sebenarnya bagaimana kondisi Musik bawah tanah atau underground musik yang juga disebut sebagai cikal-bakal terbentuknya demokrasi di Indonesia.

Merujuk kepada berbagai macam genre musik di luar budaya. Istilah umum, Musik Underground adalah sebagai salah satu penghargaan dengan kesesuaian dengan tren mainstream saat ini, juga arus utama terhadap individualitas artistik yang bertentangan.

Punk, Rock, Metal, dan Hardcore, Musik Underground dikenal dengan musik independen (indie). Dan lagu apapun bisa berisikan gendre yang tidak dikomersilkan secara legal.

Pengedaran produk secara mandiri atau indie, Pelaku musik bawah tanah melakukan produksi biasanya masal melalui produsen musik kecil, dan ketika mengadakan konser baik dari mulut ke mulut, maupun dijual melalui situs internet.

Musik Underground ternyata menyimpan banyak cerita. Musisi dari musik underground ini, Jika kamu hanya tahu soal teriakan dan kekerasan saja. Bahkan menekankan kebebasan berekspresi cenderung mengekspresikan ide-ide umum, seperti penghargaan yang tinggi terhadap ketulusan dan keintiman yang bertentangan dengan komposisi musik komersial yang sangat formulaik.

Musik Underground Bisa berfungsi terhadap sesuatu permasalahan, sebagai kritik politik, sosial, dan ekonomi. Musiknya untuk menyinggung kondisi politik, kehidupan sosial di suatu negara.

Pada tahun 90-an Pergerakan musik underground di Indonesia kita pernah dengar Seperti lagu-lagu dari Marjinal, Endank Soekamti, Netral, Superman Is Dead (SID), Burgerkill. Mereka memiliki andil dalam proses transformasi kondisi politik di negara ini.

Di tahun 90-an pada masa itu, pergerakan musik ini aktif terlibat dalam gerakan mahasiswa dan berhasil menggulingkan pemerintahan Soeharto.

Khususnya pada era 90an awal hingga pasca reformasi 1998 yang dikutip dalam artikel jurnal dengan judul Underground Rock Music and Democratization in Indonesia memaparkan bagaimana skena musik underground telah memberikan pengaruh terhadap lahirnya demokrasi di Indonesia.

Baca Juga: Promosikan produk agar laris manis dengan menggunakan website sebagai media promosi.

indonesia, musik bawah tanah, musik underground, aliran musik underground, kritik politik sosial

Posting Komentar untuk "Pada era 90an, Musik Underground Berikan Pengaruh Lahirnya Demokrasi di Indonesia"

https://jabar.kabaran.id/?m=1 https://jabar.kabaran.id/?m=1
DomaiNesia Adsterra
Seedbacklink affiliate
pasang Jasaview.id Software Website Toko Online Jasaview.id DomaiNesia