Perjuangan PKB di Awal tidak Mudah

Perjuangan PKB di Awal tidak Mudah


Kabaran Bandung
, - Sebagai bagian dari sejarah pembentukan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), pria kelahiran Bandung, 5 November 1954 Habib Syarief Muhammad Alaydrus tak banyak orang mengenalnya.

Untuk PKB bermula kiprahnya ketika Habib Syarief menjadi Ketua PWNU Jawa Barat pada 1998-1999 silam. Situasi ini dimanfaatkan sejumlah kiai sepuh Nahdlatul Ulama (NU) untuk mendirikan partai sendiri. Ketika itu, posisi Soeharto sebagai Presiden Indonesia sudah mulai goyah.

"Saya termasuk yang ikut membidani lahirnya PKB pada 1999, terutama pertemuan terakhir di Bandung. Ketika itu tim kamilah yang merumuskan AD/ART PKB pada tahun 1999," kata Habib Syarief saat ditemui di sela-sela Uji Kelayakan Kepatutan (UKK) Bakal Calon Legislatif PKB di Jakarta pada Selasa (21/2/2023).

"Tercatat dalam sejarah ada beberapa pertemuan. Ada pertemuan Rembang, pertemuan Memarang, Bandung, dan Cirebon. Itu cikal bakal melahirkan gagasan-gagasan yang terwujud menjadi PKB yang dideklarasikan oleh Gus Dur," imbuh dia.

Meski lahir dari rahim NU, perjuangan PKB di awal tidak mudah. Apalagi, kala itu harus menghadapi dominasi Partai Golkar yang berkuasa selama 32 tahun sepanjang rezim Soeharto.

"Kami waktu itu berjuang benar-benar berangkat dari satu idealisme. Tidak punya materi sama sekali. Semua pengurus betul-betul keluar dari saku masing-masing. Di luar kamis ditandai, dicap, diteror, dan lain sebagainya," kenang dia.

Singkat cerita, NU berhasil mempertahankan eksistensinya dan meraih posisi keempat dalam Pemilu 2019 lalu. Dan Habib Syarief yang pernah berjuang dalam masa-masa awal PKB, kini memilih turun gunung pada Pemilu 2024.

Ada alasan khusus Habib Syarief mencalonkan diri sebagai calon legislatif PKB dari Dapil Jawa Barat 1. Di antaranya perjalanan politik bangsa yang kini mulai terkontaminasi antara idealisme dan pragmatisme yang cenderung negatif.

"Minimal kami bisa memberikan motivasi kawan-kawan seangkatan saya yang saat ini banyak yang bersembunyi, banyak yang bertapa, mudah-mudahan ada keterpanggilan," ujar dia.

"Juga, memberikan motivasi pada yang lebih muda, bahwa PKB merupakan salah satu ajang kita berkiprah selain untuk kepentingan bangsa juga ada misi yang namanya ahlussunnah wal jamaah," tutup Habib Syarief.

Posting Komentar untuk "Perjuangan PKB di Awal tidak Mudah"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1