Lahirnya Otonomi Daerah, PJ Wali Kota Cimahi: Seluruh ASN Pemkot Cimahi Mari Kita Jaga Semangat dan Cita-cita

Lahirnya Otonomi Daerah, PJ Wali Kota Cimahi: Seluruh ASN Pemkot Cimahi Mari Kita Jaga Semangat dan Cita-cita


Kabaran Cimahi, - Merayakan Hari Otonomi Daerah pada tanggal 25 April Tahun 2023 atas perkembangan otonomi daerah saat ini.

Lahirnya otonomi daerah semata untuk mensejahterakan masyarakatnya dan pelayanan yang harus memenuhi standar karena gap antara pelayan (pemerintah) dan yang harus dilayani (rakyat) menjadi semakin dekat.

Melalui Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah yang hingga saat ini telah mengalami beberapa kali perubahan.

Pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia tersebut telah mengakibatkan perubahan dalam sistem pemerintahan di Indonesia yang kemudian juga membawa pengaruh terhadap kehidupan masyarakat di berbagai bidang.


Secara konseptual, pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia dilandasi oleh tiga tujuan utama yang meliputi tujuan politik, tujuan administratif dan tujuan ekonomi.

Hal yang ingin diwujudkan melalui tujuan politik dalam pelaksanaan otonomi daerah diantaranya adalah upaya untuk mewujudkan demokratisasi politik melalui partai politik dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Perwujudan tujuan administratif yang ingin dicapai melalui pelaksanaan otonomi daerah adalah adanya pembagian urusan pemerintahan antara pusat dan daerah, termasuk sumber keuangan serta pembaharuan manajemen birokrasi pemerintahan di daerah.

Sedangkan tujuan ekonomi yang ingin dicapai dalam pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia adalah terwujudnya peningkatan Indeks pembangunan manusia sebagai indikator peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. 

Dalam konsep otonomi daerah, pemerintah dan masyarakat di suatu daerah memiliki peranan yang penting dalam peningkatan kualitas pembangunan di daerahnya masing-masing.

Hal ini terutama disebabkan karena dalam otonomi daerah terjadi peralihan kewenangan yang pada awalnya diselenggarakan oleh pemerintah pusat kini menjadi urusan pemerintahan daerah masing-masing. 

Dalam rangka mewujudkan tujuan pelaksanaan otonomi daerah, terdapat beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan, antara lain: faktor manusia yang meliputi kepala daerah beserta jajaran dan pegawai, seluruh anggota lembaga legislatif dan partisipasi masyarakatnya. Faktor keuangan daerah, baik itu dana perimbangan dan pendapatan asli daerah, yang akan mendukung pelaksanaan pogram dan kegiatan pembangunan daerah.

Faktor manajemen organisasi atau birokrasi yang ditata secara efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan pelayanan dan pengembangan daerah.

Pada gilirannya, pemerintahan daerah berhadapan dengan keadaan dimana mereka harus memahami peraturan perundang-undangan hasil judicial review. 

Tanpa adanya pemahaman yang baik dari aparatur, maka bisa dipastikan pelaksanaan otonomi daerah di Kab/Kota di Indonesia menjadi kehilangan maknanya.

Hal ini merupakan persoalan hukum yang sering terjadi dimana peraturan perundang-undangan tidak sesuai dengan realitas hukum masyarakat sehingga kehilangan nilai sosialnya dan tidak dapat dilaksanakan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan S.Si M.M mengucapkan di akun Facebook pribadinya.

Selamat hari Otonomi Daerah Tahun 2023, 

"Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul".

"Untuk seluruh ASN Pemkot Cimahi mari kita jaga semangat dan cita-cita lahirnya otonomi daerah," tegas Dikdik.

Posting Komentar untuk "Lahirnya Otonomi Daerah, PJ Wali Kota Cimahi: Seluruh ASN Pemkot Cimahi Mari Kita Jaga Semangat dan Cita-cita"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1