BLUD Kota Cimahi Pasok Air Bersih ke Wilayah Terdampak

BLUD Kota Cimahi Pasok Air Bersih ke Wilayah Terdampak

Kabaran Cimahi, - Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) Kota Cimahi setiap hari memasok air bersih ke wilayah terdampak.


Hari ini ada beberapa lokasi yang kami salurkan air bersih. Biasanya satu lokasi kami salurkan 1 tangki dengan kapasitas 5.000 liter.


Kepala BLUD Kota Cimahi, Amat mengungkapkan, "Rutin kita kirim, tapi beda-beda lokasinya. Seperti hari ini ada beberapa lokasi yang kita salurkan air bersih. Satu titik lokasi biasanya kita salurkan 1 tengki dengan kapasitas 5.000 liter," terangnya, Jumat (15/9/2023).


Jumlah wilayah yang membutuhkan air bersih bertambah dari 4 kelurahan menjadi 6 kelurahan, yaitu Cipageran, Leuwigajah, Citeureup, Cibeber, Cibabat, dan Pasirkaliki.


"Tidak semua RW di setiap kelurahan mengalami kekeringan. Meningkatkan kesehatan mental dan emosional sangat penting untuk menjaga keseimbangan hidup," ucap dia.


Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Cimahi, Endang mengatakan meskipun debit air Sungai Cimahi yang menjadi sumber air baku SPAM mengalami penurunan karena musim kemarau, ketersediaan air bersih di SPAM di kawasan perkantoran Pemkot Cimahi masih mencukupi untuk menyuplai bantuan bagi warga yang kesulitan air bersih selama musim kemarau tahun ini.


"Bahwa debit air sungai yang digunakan mengalami penurunan 10-20% di musim kemarau ini, dengan total debit sekitar 120 liter," kata Endang.


Meskipun begitu, Endang menjamin produksi air bersih harian tetap normal untuk distribusi ke 4.550 Sambungan Rumah (SR) di Kota Cimahi.


"Air baku yang diambil hanya 50L/dt, aman karena sisa debit cukup besar. Debit total sekitar 120 L/dtk, diambil air baku 50 L/dtk," kata Endang.


Kapasitas produksi air akan ditambah 30 liter/detik untuk memenuhi kebutuhan lebih lanjut. 500 SR di Cigugur Tengah dan Cibeureum. *


Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "BLUD Kota Cimahi Pasok Air Bersih ke Wilayah Terdampak"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1