Sangat Relevan dan Penting dari Abah Kaspin Pendongeng Asal Karawang

Sangat Relevan dan Penting dari Abah Kaspin Pendongeng Asal Karawang / Foto: Bintang Pertiwi School

Kabaran Karawang, - Melalui cerita-cerita yang diceritakan Abah Kaspin Pendongeng Asal Karawang tidak hanya menghibur anak-anak dengan cerita-ceritanya, tetapi juga berperan dalam mempertahankan dan mewariskan budaya lokal.


Saat awak media berkunjung dikediamannya, Kaspin, S.Pd, atau lebih dikenalnya Abah Kaspin sedikit bercerita kepada kami (Kabaran Jabar), pendongengan memang dapat dianggap sebagai bagian penting dari warisan budaya suatu daerah.

Foto: SDi Miftahul Falah

"Seorang pendongeng dapat memperkenalkan dan mempertahankan nilai-nilai tradisional, mitos, legenda, serta sejarah suatu budaya kepada generasi muda," ucap Abah Kaspin.

Foto: Miftahul Huda TK TPQ DTA

Dalam menceritakan kisah-kisah tradisional, Abah Kaspin mengatakan, pendongeng dapat membantu membuka jendela ke dunia budaya yang menarik, yang mungkin tidak diketahui oleh anak-anak sebelumnya.

Foto: RA MI Al Istiqlal

"Melalui pendongengan, berbagai nilai moral dan pesan berharga dapat disampaikan kepada anak-anak. Ini sangat membantu dalam pembentukan sikap, karakter, dan pemahaman tentang kehidupan dan dunia di sekitar mereka," ungkap Abah Kaspin.

Foto: TK DTA Al Ikhlas Gorowong Tumaritis

Oleh karena itu, Kabaran Jabar melihat, kehadiran dan kontribusi pendongeng seperti Abah Kaspin sangat berharga dalam menjaga warisan budaya suatu daerah dan memperkenalkannya kepada generasi muda.


Abah Kaspin biasanya menggunakan gaya bercerita yang khas, melibatkan permainan kata-kata, intonasi, dan gerak tubuh yang menarik. Ceritanya sering kali mengangkat tema-tema moral dan berpusat pada akhlak, keberanian, keadilan, dan nilai-nilai positif lainnya.


Selain itu, Abah Kaspin juga sering memasukkan unsur humor dalam ceritanya, untuk menjaga keceriaan dan keterlibatan pendengar.


Pendongeng adalah orang yang memiliki keahlian menceritakan cerita melalui lisan dengan menggunakan berbagai teknik narasi.


Beliau telah lama menjadi bagian dari komunitas seniman Karawang dan dikenal sebagai penjaga tradisi lisan melalui seni menceritakan cerita.


Abah Kaspin melalui seninya, dia mampu mempertahankan dan menghidupkan tradisi lisan di Karawang.


Untuk memesan jadwal mendongeng untuk memeriahkan acara siswa baru, perpisahan, ulang tahun, kegiatan santai, dan kegiatan-kegiatan lainnya.


Untuk lebih lengkapnya bisa klik Abah Kaspin Pendongeng Karawang / Kaspin Nur / WA: 0812-1358-3330

Posting Komentar untuk "Sangat Relevan dan Penting dari Abah Kaspin Pendongeng Asal Karawang"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1