Post ADS 1 **********. Kabaran News and Music. **********

Bupati Bandung Laksanakan Penanaman Sebanyak 30.000 Pohon

Bupati Bandung Laksanakan Penanaman Sebanyak 30.000 Pohon
Kabaran Bandung, - Bupati Bandung, Dadang Supriatna, memberikan instruksi kepada seluruh jajaran di lingkungan Pemkab Bandung, camat, kepala desa, dan sekolah untuk melaksanakan penanaman pohon serentak sebanyak 30.000 pohon di wilayah Kabupaten Bandung dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia tahun 2023, Minggu (10/12/2023).

Pelaksanaan penanaman pohon dimulai di kawasan mata air Paguyangan Badak, Wana Wisata Batu Kuda, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Para camat, kepala desa, sekolah, dan Forkopimcam di kecamatan masing-masing turut serta dalam kegiatan ini, menanam berbagai jenis pohon produktif seperti kayu manis, alpukat, jeruk, dan duren.

"Penanaman pohon serentak sebanyak 30.000 pohon di Wana Wisata Batu Kuda, Kecamatan Cileunyi, melibatkan 31 kecamatan di Kabupaten Bandung. Saya menekankan pentingnya upaya kolektif dalam melindungi lingkungan dan menyebut kegiatan ini sebagai amalan yang harus dilakukan secara rutin," tuturnya.

Bupati Dadang Supriatna menyampaikan keyakinannya bahwa setiap orang yang menanam pohon akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

"Pentingnya menjaga lingkungan, dan merencanakan perbaikan lingkungan, termasuk proyek swakelola untuk membuat penampungan air guna mengairi wilayah Kecamatan Cileunyi, khususnya Desa Cibiru Wetan, pada bulan Januari 2024," imbuhnya.

Bupati Dadang Supriatna berharap agar penanaman pohon terus dilakukan secara konsisten, mengingat air merupakan kehidupan manusia.

"Komitmen dalam pemeliharaan lingkungan, termasuk penanganan sampah dengan pembuatan 1,4 juta Lubang Cerdas Organik (LCO), sebagai bentuk implementasi dari misi ke-3 yang berwawasan lingkungan," harapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, Asep Kusumah, menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan Bedas Ngaleuweung IV dan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia tahun 2023 telah berhasil diselesaikan di Wana Wisata Batu Kuda Kecamatan Cileunyi.

"Lebih dari 30.000 pohon telah ditanam secara serentak di seluruh Kabupaten Bandung, melibatkan 31 kecamatan, 270 desa, dan 10 kelurahan, termasuk di lingkungan sekolah mulai dari SMP, SD, hingga TK," ujar Asep.

Asep menyebutkan bahwa cuaca yang mendukung dan memasuki musim hujan memungkinkan pelaksanaan penanaman ini.

Selain itu, peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia sudah dimulai sejak 28 November 2023. Bupati Bandung telah memerintahkan penataan untuk memulihkan mata air di Paguyangan Badak pada tahun 2024, melibatkan berbagai pihak seperti kepala desa, komunitas sadawana, dan LMDH.

"Tujuannya adalah mengembalikan atau menormalisasi titik mata air dan kawasan pendukungnya," katanya. *

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Bupati Bandung Laksanakan Penanaman Sebanyak 30.000 Pohon"

Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Post ADS 1
Post ADS 1
Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Seedbacklink