Penting, Peran Kuncen Lestarikan Warisan Budaya

Penting, Peran Kuncen Lestarikan Warisan Budaya
Kabaran Majalengka, - Pemkab Majalengka apresiasi terhadap peran para juru pelihara atau kuncen dalam menjaga dan melestarikan sejumlah situs atau cagar budaya.

Keberadaan para juru pelihara menjadi kunci penting dalam menjaga keaslian dan keberlanjutan cagar budaya.


Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., menegaskan bahwa para kuncen di Kabupaten Majalengka memiliki peran yang sangat penting dalam melestarikan warisan budaya daerah.


Dalam pertemuan bersama 125 Juru Pelihara se-Kabupaten Majalengka, Bupati menyampaikan apresiasi atas kontribusi mereka dalam menjaga keaslian dan keberlanjutan situs cagar budaya hingga saat ini.


Keputusan Bupati Majalengka untuk meningkatkan insentif bagi para Kuncen dari Rp.120 ribu menjadi Rp.250 ribu per bulan, sebagai respon terhadap aspirasi mereka, menunjukkan komitmen Pemkab Majalengka dalam meningkatkan kesejahteraan para pelaku pelestari situs cagar budaya.


"Kebijakan ini mencerminkan upaya nyata dalam mendukung dan memberdayakan para kuncen yang dengan dedikasi menjaga dan merawat warisan budaya di wilayah Kabupaten Majalengka," pungkasnya.


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka, H. Ida Heryani, S.K.M.,M.Kes., alam laporannya menyampaikan, pembentukan forum kuncen se-Kabupaten Majalengka oleh 125 juru pelihara situs cagar budaya merupakan langkah positif untuk mempererat tali silaturahim antara mereka dan pemangku kebijakan.


Apresiasi yang mereka sampaikan terhadap perhatian Pemkab Majalengka terhadap kinerja mereka mencerminkan rasa dihargai oleh Pemerintah Daerah.


Keikhlasan para kuncen dalam merawat situs cagar budaya tanpa meminta imbalan kepada pengunjung menunjukkan dedikasi mereka. Dengan adanya forum ini, diharapkan tercipta ruang komunikasi yang lebih efektif dan pembinaan lebih lanjut dari pihak berwenang. *


Ikuti saluran Kabaran Jabar Portal Informasi di WhatsApp:


Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Penting, Peran Kuncen Lestarikan Warisan Budaya"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1