Jelang Pemilu 2024, BPBD Persiapkan Potensi Ancaman Bencana Alam

Jelang Pemilu 2024, BPBD Persiapkan Potensi Ancaman Bencana Alam
Kabaran Bandung, - Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mempersiapkan menghadapi potensi ancaman bencana alam dan menjaga keamanan jelang Pemilu 2024.

Bupati Bandung Dadang Supriatna melalui Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama mengatakan, kerjasama antara BPBD Kabupaten Bandung dan BPBD Provinsi Jawa Barat menjadi langkah strategis untuk mengantisipasi dampak bencana alam, terutama gempa bumi.

"Koordinasi ini memungkinkan adanya sinergi dalam penanganan dan pemulihan pasca-bencana, serta memastikan bantuan dan respon cepat untuk masyarakat yang terdampak," ucap Uka di Soreang, Jumat (5/1/2024).

BPBD Kabupaten Bandung terkait kebencanaan, terutama gempa bumi, sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapan masyarakat dalam menghadapi potensi bencana.

"Dengan memahami jenis-jenis gempa bumi dan tindakan yang harus diambil saat terjadi gempa, masyarakat dapat lebih siap dan tanggap dalam menghadapi situasi darurat," katanya.

Penekanan pada edukasi kesiapsiagaan bencana, terutama terkait gempa bumi, adalah langkah yang sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan persiapan masyarakat dalam menghadapi risiko bencana alam.

"Memahami metode perlindungan diri seperti "drop, cover, hold on" dapat memberikan perlindungan tambahan saat terjadi gempa bumi. Selain itu, memanfaatkan aplikasi Info BMKG dan sistem peringatan dini merupakan langkah proaktif untuk memantau dan merespons potensi bencana," terangnya.

Penting juga untuk memahami jenis-jenis gempa bumi, sebab mereka dapat memiliki karakteristik dan dampak yang berbeda. Edukasi ini membantu masyarakat dalam memahami sifat gempa bumi, meminimalkan risiko, dan merespons dengan tepat saat terjadi gempa.

"Langkah-langkah ini, termasuk kerjasama antara BPBD Kabupaten Bandung dengan BPBD Provinsi Jawa Barat, menciptakan lingkungan yang lebih siap dalam menghadapi potensi bencana dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap risiko," pungkasnya. *

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Jelang Pemilu 2024, BPBD Persiapkan Potensi Ancaman Bencana Alam"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1