BI Pastikan Ketersediaan Uang Rupiah Berkualitas

BI Pastikan Ketersediaan Uang Rupiah Berkualitas
Kabaran Jakarta, - Kegiatan Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2024 merupakan langkah konkret dari Bank Indonesia (BI) untuk memastikan ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas di seluruh wilayah Indonesia, termasuk yang berada di wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T).

Melalui kerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), BI berkomitmen untuk menjaga kelancaran aktivitas perekonomian dan mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Terdapat beberapa aspek penguatan dalam ERB 2024, seperti peningkatan jumlah pulau yang menjadi target tujuan, penambahan layanan kesehatan bersama tim medis TNI AL, serta kolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam penyaluran Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS).

Dengan tantangan geografis dan infrastruktur yang terbatas di wilayah 3T, kerja sama antara BI dan TNI AL menjadi krusial dalam mendukung pendistribusian, pengamanan, dan pengawalan uang Rupiah di wilayah tersebut. Melalui ERB, diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam menjaga kedaulatan NKRI, baik dari sisi pertahanan dan militer maupun kedaulatan ekonomi.

Peresmian Tugu Rupiah Berdaulat di Pulau Sebatik juga menjadi bagian penting dalam memperkuat rasa nasionalisme dan kesadaran akan pentingnya menjaga kedaulatan NKRI serta memperkuat pemahaman masyarakat tentang penggunaan Rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah Indonesia. *

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "BI Pastikan Ketersediaan Uang Rupiah Berkualitas"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1