Kemajuan Pendidikan, Sekda Kota Cimahi: Diperlukan Sinergitas Dukungan Orang Tua Murid

Kemajuan Pendidikan, Sekda Kota Cimahi: Diperlukan Sinergitas Dukungan Orang Tua Murid
Kabaran Cimahi, - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi menggelar Forum Perangkat Daerah yang dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah, H. Dikdik Suratno Nugrahawan, di lantai empat aula gedung A, Jalan Rd Demang Hardjakusumah nomor 1 Cimahi Utara pada Jumat, 23 Februari 2024.

Sekda Kota Cimahi, H. Dikdik Suratno Nugrahawan, menjelaskan bahwa untuk kemajuan pendidikan, diperlukan sinergitas dan dukungan dari orang tua murid bersama dengan pihak sekolah di bawah naungan Disdik Kota Cimahi.

"Selain belajar di sekolah, anak-anak juga harus mendapatkan pendidikan dari orang tua di rumah. Ini merupakan tugas orang tua untuk mendidik anak dengan baik, baik dari segi akademis maupun nilai-nilai budi pekerti," ucap Dikdik.

Menurut Dikdik, pelajaran yang diterima di sekolah juga bisa dipelajari di rumah dengan bimbingan dari orang tua masing-masing.

"Orang tua memiliki peran penting dalam menyempurnakan pendidikan anak-anaknya. Mereka dapat menyimpulkan sifat karakter dan kemampuan berpikir anak dengan baik melalui interaksi di rumah," tambah Dikdik.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi, Nana Supriatna, menjelaskan bahwa Forum Perangkat Daerah tahun 2024 Dinas Pendidikan bertujuan untuk menampung aspirasi dari stakeholder Kota Cimahi.

"Menurut Nana, dari tingkat Kecamatan dan Kelurahan, sudah ada masukan dari berbagai elemen masyarakat untuk tahun 2025 yang akan datang," ucapnya.

Nana menjelaskan bahwa kegiatan forum perangkat daerah ini akan disinkronkan dengan usulan dari masyarakat yang dibangun melalui Musrenbang Kecamatan. Contohnya, usulan penyediaan lahan untuk pembangunan SMPN 15 Kelurahan Cibeber, yang perlu didorong agar haknya terpenuhi.

"Selain itu, usulan masalah SPP gratis untuk anak-anak yang masuk dalam daftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan insentif Guru ngaji sesuai verifikasi dari tiap-tiap Kelurahan juga akan terus didorong," katanya.

Menurut Nana, guru-guru ngaji merupakan bagian dari penyelenggaraan pendidikan, yang memberikan pendidikan dalam bidang keagamaan.

"Arahan dari Sekda Kota Cimahi terkait pendidikan di masyarakat dan masalah prilakunya serta sinkronisasi ini adalah hal yang harus kita bangun antara kelompok masyarakat dengan sekolah," tandas Nana. (Bd20)

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Kemajuan Pendidikan, Sekda Kota Cimahi: Diperlukan Sinergitas Dukungan Orang Tua Murid"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1