Seorang PRT Yuni Sri Rahayu dari Partai Buruh Raih 20.662 Suara

Seorang PRT Yuni Sri Rahayu dari Partai Buruh Raih 20.662 Suara
Kabaran Jakarta, - Yuni Sri Rahayu, seorang Pekerja Rumah Tangga (PRT) yang mencalonkan diri sebagai Caleg DPRD DKI dari Partai Buruh, mungkin tidak menyangka bahwa ia akan mendapatkan dukungan yang signifikan dari pemilih.

Namun, hasil real count KPU menunjukkan bahwa Yuni berhasil meraih 20.662 suara di Dapil 7, yang mencakup beberapa wilayah di Jakarta Selatan seperti Kecamatan Cilandak, Pesanggrahan, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, dan Setiabudi.

Data tersebut diperoleh pada Selasa (20/2/2024), pukul 18.00 WIB, dengan persentase data yang masuk sebesar 37,81 persen, atau 1.172 dari 3.100 TPS yang ada di wilayah tersebut.

Yuni menempati posisi keempat dari 10 caleg yang diusung oleh Partai Buruh. Jumlah suara yang signifikan yang diterimanya menunjukkan bahwa ia berhasil menarik perhatian dan mendapatkan dukungan dari sebagian pemilih di wilayah dapilnya.

Yuni Sri Rahayu menjelaskan mengenai jumlah suara yang diperolehnya.

"Melebihi ekspektasi, enggak nyangka. Enggak nyangka saja gitu bisa dapat suara sebanyak itu," ujarnya di kediamannya di Kawasan Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Rabu (21/2/2024).

Hal ini, bahwa kesuksesannya dalam meraih suara merupakan sebuah kejutan bagi dirinya dan menunjukkan bahwa dukungan yang diterimanya jauh melampaui apa yang ia harapkan sebelumnya.

Yuni mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memilihnya. Meskipun begitu, ia memilih untuk tidak berbangga diri dan lebih memilih untuk menunggu hingga real count KPU mencapai 100 persen.

"Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman dan kawan-kawan yang telah memilih. Namun, bahwa untuk ke depannya, saya akan menunggu hasil real count yang lebih akurat," ujarnya.

"Saat ini penghitungan suara masih sementara, sehingga masih dalam tahap estimasi. Akan lebih jelasnya ketika hasil penghitungan suara yang akurat telah tersedia," sambungnya.

Yuni mengungkapkan bahwa dia tidak menetapkan target jumlah suara saat mencalonkan diri sebagai Caleg DPRD DKI.

"Jumlah suara yang diperoleh merupakan kejutan, dan saya bersyukur kepada orang-orang yang masih percaya. InsyaAllah akan menggunakan kesempatan yang diberikan dengan sebaik mungkin jika terpilih," kata dia.

Yuni kini terdaftar sebagai Caleg DPRD DKI Dapil 7, yang meliputi Kecamatan Cilandak, Pesanggrahan, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, dan Setiabudi.

Perjuangkan RUU PPRT

Yuni mengibaratkan dirinya sebagai "Caleg Dhuafa", karena tidak memiliki modal besar.

"Kalau saya sendiri dari Partai Buruh, kita bilangnya caleg dhuafa ya, yang istilahnya nggak punya modal. Walaupun punya modal istilahnya dari pribadi sendiri, sebisa kita. Saya menyiasatinya dari upah saya sedikit demi sedikit," ujarnya.

Yuni menuturkan, dirinya maju sebagai Caleg karena ingin memperjuangkan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT).

"Ya memang saat ini kan kita sedang memperjuangkan RUU PPRT yang sudah 20 tahun masih juga gak ada kabar yang buat kita para PRT. Itulah yang membuat saya mau nggak mau, siap nggak siap, ya sudah saya mau jadi caleg," ungkapnya.

Menurutnya, para pekerja rumah tangga saat ini hanya dilindungi oleh UU Ketenagakerjaan, dan hal itu dinilai belum cukup.

"Ketika kita punya masalah, UU Ketenagakerjaan belum cukup untuk melindungi PRT," ungkapnya. (Bd20)

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Seorang PRT Yuni Sri Rahayu dari Partai Buruh Raih 20.662 Suara"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1