Pengemis di Bulan Ramadhan: Dinsos Kota Cimahi Lakukan Penjangkauan


Pengemis di Bulan Ramadhan: Dinsos Kota Cimahi Lakukan Penjangkauan / kebanyakan dari mereka menolak karena merasa nyaman dengan gaya hidup jalanan, di mana mereka bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan tanpa harus bekerja keras. (Foto: Ilustrasi)


Kabaran Jabar, - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cimahi akan melakukan upaya penjangkauan untuk menghadapi peningkatan jumlah pengemis, gelandangan, dan anak jalanan menjelang dan selama bulan Ramadhan.


"Kita akan ada koordinasi dengan Satpol PP untuk mengantisipasi keberadaan anak jalanan, pengemis, dan gelandangan," ujar Kepala Bidang Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial (Dinsos) Kota Cimahi, Supijan Malik, Rabu, 13 Maret 2024.


Supijan mengakui bahwa selama bulan Ramadan, terjadi peningkatan jumlah pengemis, gelandangan, dan anak jalanan.


"Iya, memang cenderung meningkat, banyak orang yang datang dari luar daerah, dan mereka biasanya berkelompok. Mereka sering ditemukan di sekitar area rel Baros, Dustira, Cimindi, dan Alun-alun," jelasnya.


Supijan menyatakan bahwa kehadiran pengemis, gelandangan, dan anak jalanan ini mengganggu ketertiban dan kenyamanan pengguna jalan.


"Bahwa pemerintah memiliki kewajiban untuk menyediakan pilihan hidup yang lebih baik melalui bantuan penyaluran ke panti rehabilitasi," katanya.


Namun demikian, lanjut Supijan, kebanyakan dari mereka menolak karena merasa nyaman dengan gaya hidup jalanan, di mana mereka bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan tanpa harus bekerja keras.


"Oleh karena itu, Dinsos berupaya menyelamatkan anak-anak ini dengan membina mereka di sekolah bersama, dengan harapan bahwa generasi berikutnya akan memiliki kesempatan yang lebih baik dan memutuskan siklus kemiskinan," tambahnya. *


Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Pengemis di Bulan Ramadhan: Dinsos Kota Cimahi Lakukan Penjangkauan"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1