Penjahat Online: Libur Lebaran 2024, Tetap Waspada Terhadap Keamanan Cyber


Penjahat Online: Libur Lebaran 2024, Tetap Waspada Terhadap Keamanan Cyber

Kabaran Jabar, - Mendekati libur Lebaran 2024, saatnya untuk bersukacita bersama keluarga. Namun, penting untuk tetap waspada terhadap keamanan cyber.

Karena penjahat online tidak mengenal istilah libur, mereka terus aktif dan mencari mangsa tanpa henti. Pelancong kini menjadi sasaran yang rentan bagi para penyerang yang selalu mencari kesempatan.

Ketika merencanakan liburan, keamanan cyber seringkali bukanlah prioritas utama yang terpikirkan. Namun, mengabaikan aspek keamanan cyber saat bepergian bagi wisatawan dan pelancong bisnis yang berada di tempat-tempat jauh dari rumah.

Perjalanan membawa kita ke lingkungan yang tidak familiar, membuat kita kurang bisa mengontrol situasi, termasuk dalam hal lingkungan digital. Selama liburan, kesibukan sering membuat kita lengah dan cenderung memilih opsi yang nyaman meskipun kurang aman secara digital.

Untuk mengurangi risiko gangguan keamanan cyber saat liburan, perhatikan langkah-langkah berikut:

1. Lakukan pencadangan data di semua perangkat Anda untuk memastikan keamanan informasi jika perangkat hilang atau rusak selama perjalanan.

2. Aktifkan fitur kunci dan autentikasi ganda pada perangkat dan akun Anda sebagai lapisan perlindungan tambahan.

3. Hindari aktivitas yang sensitif saat menggunakan jaringan WiFi publik dan perhatikan peringatan keamanan yang muncul di perangkat Anda.

4. Selalu perbarui sistem hardware dan perangkat lunak keamanan Anda untuk mengurangi kerentanan terhadap serangan siber.

5. Jaga perangkat Anda dengan baik dan hindari meninggalkannya tanpa pengawasan di tempat umum untuk mencegah pencurian atau akses tidak sah. *

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Penjahat Online: Libur Lebaran 2024, Tetap Waspada Terhadap Keamanan Cyber"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1