Pemkot Cimahi Adakan Seminar Hari Kartini

Pemkot Cimahi Adakan Seminar Hari Kartini

Kabaran Cimahi, - Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) mengadakan Seminar Hari Kartini di Ball Room MPP Kota Cimahi pada Selasa (23/04/2024). Acara tersebut mengangkat tema "Pemanfaatan Grafologi untuk Pemberdayaan Perempuan, Anak, dan Keluarga".

Narasumber dalam seminar, Syibly Avivy Achmad Mulachela, S.Psi., M.Psi., Direktur LKP Grafologi Indonesia, dan Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Cimahi, Ir. Hj. Diah Utami Muhammad., M.T, yang juga memberikan Riwayat Singkat Raden Ajeng Kartini.

Kepala Dinas DP3AP2KB Kota Cimahi, Fitriani Manan, dalam laporannya menyatakan bahwa tujuan dari Seminar Hari Kartini ini adalah:

1) Meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pengenalan diri dan potensi pribadi melalui analisis tulisan tangan.
2) Memberikan pemahaman tentang grafologi sebagai ilmu yang mempelajari hubungan antara karakter dan tulisan tangan seseorang.
3) Mengajarkan peserta untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan potensi pengembangan diri.
4) Mendorong pemberdayaan diri.

Fitriani juga menegaskan bahwa seminar ini tidak hanya bertujuan untuk mengedukasi tentang grafologi, tetapi juga untuk merayakan dan melanjutkan warisan R.A. Kartini dalam memperjuangkan peran serta wanita dalam keluarga dan masyarakat.

Penjabat Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Raden Ajeng Kartini adalah sosok inspiratif bagi perempuan Indonesia, memperjuangkan hak-hak perempuan dan kemajuan bangsa. Dia menekankan pentingnya memahami mengapa Kartini diperingati secara khusus, sebagai fenomena kemanusiaan perempuan.

Dicky menyoroti beberapa pelajaran yang bisa dipetik dari Kartini:

1) Pentingnya tauhid sebagai fondasi utama.
2) Nilai kesetaraan dan kemanusiaan.
3) Pengembangan sikap ilmiah melalui pikiran terbuka, kritis, kejujuran, pencarian kebenaran, keingintahuan, dan pemikiran rasional.

Dia mengakhiri sambutannya dengan menekankan bahwa sikap-sikap tersebut sangat diperlukan pada masa kini, terutama di era disruptif, di mana perubahan terjadi dengan cepat, terutama bagi perempuan Indonesia.

Turut hadir dalam seminar ini Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Cimahi, Euis Hotimah Dikdik, Ketua Puspaga Maheswari Kota Cimahi, Ketua Organisasi Wanita, Ketua TP PKK Kecamatan, Kelurahan, dan kepala OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi. *

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Pemkot Cimahi Adakan Seminar Hari Kartini"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1