Post ADS 1

Apresiasi untuk Sampoerna: Mendorong UMKM Nasional Naik Kelas

Apresiasi untuk Sampoerna: Mendorong UMKM Nasional Naik Kelas
Apresiasi untuk Sampoerna: Mendorong UMKM Nasional Naik Kelas

Kabaran Jabar, - Staf Khusus Presiden Joko Widodo dan Kementerian Koperasi dan UKM memberikan apresiasi atas upaya konsisten PT HM Sampoerna Tbk. dalam mendampingi UMKM nasional naik kelas melalui Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC). Di bawah program keberlanjutan "Sampoerna Untuk Indonesia" bersama Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK), SETC telah memainkan peran penting dalam pengembangan UMKM.

Baru-baru ini, SETC bersama INOTEK meluncurkan Program SEMANGAT (SMEs Market Acceleration & Global Access Tap-in Program) yang bertujuan membantu UMKM memperluas akses pasar dan mewujudkan UMKM naik kelas. Program ini mencakup kegiatan workshop, coaching, market matching, dan tap-in internasional.

Billy Mambrasar, Staf Khusus Presiden RI bidang Inovasi, Pendidikan, dan Daerah Terluar, menekankan bahwa UMKM adalah pahlawan ekonomi nasional terutama saat krisis keuangan global seperti pada tahun 2008. Menurutnya, sinergitas UMKM adalah kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan. Beliau menyoroti pentingnya pendampingan, sesi berbagi, dan akses permodalan serta pasar bagi UMKM untuk naik kelas dan menjadi eksportir.

Billy mencatat bahwa Amerika Serikat, khususnya Arizona, adalah salah satu importir terbesar produk UMKM Indonesia. Produk seperti kertas, garmen, dan tekstil asal Indonesia banyak diekspor ke sana oleh UMKM yang telah naik kelas. Beliau juga mengimbau pemerintah daerah untuk aktif membantu UMKM dengan anggaran yang tersedia, agar tidak hanya sektor swasta seperti Sampoerna yang aktif dalam mendukung UMKM.

Pada acara yang sama, Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kemenkop UKM, Christina Agustin, menyampaikan apresiasi atas kolaborasi antara INOTEK dan SETC. Christina menekankan bahwa program seperti SEMANGAT sangat penting untuk konsistensi dukungan terhadap UMKM agar mampu bersaing di pasar global. Beliau juga mengajak semua pemangku kepentingan untuk berkolaborasi demi memasukkan UMKM dalam rantai pasok global dan mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Kepala Hubungan Eksternal Sampoerna, Ishak Danuningrat, menjelaskan bahwa Sampoerna dan INOTEK berupaya mengatasi tantangan akses pasar bagi UMKM melalui program SEMANGAT. Beliau menegaskan bahwa pendampingan berkelanjutan adalah kunci agar UMKM bisa bersaing dan naik kelas menjadi bagian dari rantai pasok global.

Sejak 2007, SETC telah menjadi program pelatihan kewirausahaan terintegrasi dengan fasilitas pelatihan yang berdiri di atas lahan seluas 27 hektare di Pasuruan, Jawa Timur. Hingga akhir 2023, SETC telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 72.000 peserta dari seluruh Indonesia. Selain pelatihan, SETC juga memfasilitasi riset terapan, pendampingan, konsultasi usaha, dan jejaring pasar serta UMKM.

Upaya kolaboratif ini diharapkan dapat menghasilkan inovasi dan strategi yang memperkuat daya saing UMKM Indonesia di kancah global, serta membantu meningkatkan kapasitas mereka untuk menghadapi tantangan internasional. *

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Apresiasi untuk Sampoerna: Mendorong UMKM Nasional Naik Kelas"

Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Post ADS 1
Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -