Post ADS 1

Kota Cimahi Raih Penghargaan Pemerintahan Digital 2024: Aplikasi SPBE Terbaik!

Kota Cimahi Raih Penghargaan Pemerintahan Digital 2024: Aplikasi SPBE Terbaik!
Kota Cimahi Raih Penghargaan Pemerintahan Digital 2024: Aplikasi SPBE Terbaik!


Kabaran Jabar, - Presiden Joko Widodo meresmikan KTT Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) 2024 dan peluncuran Teknologi Pemerintahan (GovTech) Indonesia di Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 27 Mei 2024.


KTT yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi , bertujuan untuk mendorong pengembangan layanan digital di setiap instansi pemerintah.


Dalam acara tersebut, Kementerian juga memberikan Penghargaan Pemerintahan Digital kepada instansi pemerintah yang unggul dalam memantau dan mengevaluasi pelaksanaan SPBE.


Pemerintah Daerah Kota Cimahi menerima Penghargaan Pemerintahan Digital 2024 Kategori Aplikasi Pelayanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), peringkat 5 indeks SPBE tertinggi Kategori Pemerintahan Kota.


Penghargaan diterima langsung oleh Pj Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi.


"Dengan rasa syukur, Kota Cimahi meraih penghargaan sebagai salah satu dari lima besar di Indonesia," ujar Dicky, menyampaikan kebanggaannya.


Digital Government Award diberikan sebagai penghargaan kepada kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah yang berhasil mencapai tingkat pemantauan dan evaluasi SPBE yang baik.


Ini merupakan langkah dalam mendukung kebijakan SPBE nasional yang diperintahkan oleh Presiden RI dalam rapat kabinet internal pada Maret 2024.


Proses penilaian melibatkan puluhan perguruan tinggi sebagai asesor eksternal, dengan penilaian mandiri, penilaian dokumen, interviu, visitasi, dan pelaporan.


Penilaian final dilakukan oleh Tim Koordinasi SPBE Nasional yang terdiri dari beberapa kementerian, yang dipimpin oleh KemenPAN dan RB.


Selain Kota Cimahi, ada 64 instansi pusat dan daerah lain yang menerima Digital Government Award 2024. Penghargaan ini dibagi dalam enam kategori berdasarkan tingkat kematangan dalam penerapan SPBE.


Kota Cimahi berhasil meningkatkan nilai SPBE-nya dari 3,09 pada tahun 2022 menjadi 4,02 pada tahun 2023, mendapatkan predikat "Sangat Baik".


Upaya yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Cimahi termasuk peningkatan dan integrasi layanan digital kepada masyarakat, dengan tujuan mencapai tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel.


Implementasi SPBE diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat terhadap layanan publik secara digital, meningkatkan efektivitas dan optimalitas penyelenggaraan pemerintahan. (Ikps)


Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Kota Cimahi Raih Penghargaan Pemerintahan Digital 2024: Aplikasi SPBE Terbaik!"

Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Post ADS 1
Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Seedbacklink