Post ADS 1

Perjuangan Digital di Era Globalisasi

Perjuangan Digital di Era Globalisasi
Perjuangan Digital di Era Globalisasi

Kabaran Jabar, - Di era globalisasi yang modern, teknologi berkembang pesat dan membawa kita seolah menggenggam dunia. Segala peristiwa dan permasalahan dapat diakses dengan mudah.

Teknologi memungkinkan berbagai macam hiburan, baik positif maupun negatif, diunggah hanya dalam hitungan detik.

Informasi ini kemudian tersebar luas di dunia maya dan dapat diakses oleh semua orang melalui berbagai aplikasi. Setiap unggahan, baik kebaikan maupun keburukan, akan memiliki rekam jejak digital yang dapat diakses kapan saja.

Penting untuk menyadari dampak dari setiap unggahan. Kebaikan yang diunggah akan memberikan manfaat bagi orang lain dan mendatangkan pahala bagi kita. Sebaliknya, keburukan yang diunggah dapat berdampak negatif pada orang lain dan menambah beban dosa kita. Sebagaimana yang tertulis dalam QS. Al-Zalzalah ayat 7-8:

"Dan barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarah, niscaya dia akan melihat balasannya. Dan barang siapa mengerjakan kejahatan seberat zarah, niscaya dia akan melihat balasannya."

Mengingat hal ini, tugas kita adalah mengajak saudara-saudara Muslim, terutama di Indonesia yang merupakan negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, untuk berjuang sebagai Mujahid Digital.

Unggahlah konten yang membawa norma-norma kebaikan, baik yang berhubungan dengan dakwah Islam, budaya, narasi positif, maupun hiburan yang bermanfaat. 

Konten positif ini tidak hanya memberikan manfaat kepada yang mengaksesnya, tetapi juga memberikan pahala yang terus mengalir tanpa batas.

Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits:

"Barang siapa menunjukkan kebaikan kepada seseorang, maka ia memperoleh pahala seperti orang yang melakukan kebaikan" (HR. At-Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ahmad).

Hidup ini memang memberikan kebebasan untuk memilih, namun hidup hanya sekali. Bijaksanalah dalam memilih kebaikan. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Ar-Rahman ayat 60:

"Tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan pula."

Mari kita manfaatkan teknologi untuk menyebarkan kebaikan dan membawa manfaat bagi sesama, sehingga hidup kita menjadi lebih bermakna dan penuh berkah.

Oleh: Ust.Munif Shihab,Spd.I
Ketua PARMUSI (Persaudaraan Muslim Indonesia) Kec.Cimahi Selatan

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Perjuangan Digital di Era Globalisasi"

Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Post ADS 1
Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Seedbacklink