Post ADS 1

Pj Wali Kota Cimahi: Rencana Taman di Setiap Kecamatan Cimahi

Pj Wali Kota Cimahi: Rencana Taman di Setiap Kecamatan Cimahi
Pj Wali Kota Cimahi: Rencana Taman di Setiap Kecamatan Cimahi

Kabaran Jabar, - Ruang Terbuka Hijau (RTH) menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat perkotaan, baik dari segi sosial maupun lingkungan. Pemerintah wajib menyediakan RTH sesuai dengan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 14 Tahun 2022 tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau.

Pentingnya RTH dalam tata kota mendorong Pemerintah Kota Cimahi bekerja sama dengan Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Cimahi melalui Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kota Cimahi. Salah satu program prioritas mereka adalah mendukung pembangunan lingkungan di Kota Cimahi, termasuk pembangunan Taman Adiraga dan Taman Segitiga Sriwijaya.

Peresmian dilakukan oleh Penjabat (Pj.) Wali Kota Cimahi Dicky Saromi pada Selasa (20/08), dihadiri oleh CEO bjb Regional Wilayah 1 Iwan Prasetyo, Pimpinan bjb Cabang Cimahi Ockie Castrena Yuliawan, Ketua Forum TJSL Kota Cimahi Yuddy Prabowo, unsur Forkopimda Kota Cimahi, dan beberapa tokoh masyarakat.

Dicky menjelaskan bahwa revitalisasi taman-taman ini adalah hasil usulan Forum TJSL karena RTH sangat penting bagi masyarakat.

"Keberadaan taman sebagai ruang terbuka sangat dibutuhkan masyarakat, sehingga peresmian taman ini dilakukan melalui pendanaan CSR," ungkap Dicky.

Manfaat Multi Dimensi Taman Kota Cimahi, Dicky menekankan bahwa taman memiliki fungsi lebih dari sekadar ruang terbuka hijau. Selain aspek lingkungan, taman juga memiliki peran sosial dan estetika yang penting. 

Menurutnya, taman berfungsi sebagai tempat untuk aktivitas sosial, yang dapat mempererat hubungan antarwarga di Kota Cimahi. Dari sisi lingkungan, taman membantu mengurangi polusi udara dan menjaga iklim mikro kota. Sedangkan dari sisi estetika, keberadaan taman dapat mempercantik tampilan kota.

“Keberadaan taman juga berfungsi menjaga ekosistem dan estetika kota, khususnya dalam menjaga iklim mikro agar kesegaran dan kesehatan kota tetap terjaga. Dengan meningkatnya aktivitas yang menyebabkan polusi, taman menjadi bagian dari upaya kita untuk mengurangi dampak negatif tersebut,” tambah Dicky.

Komitmen Pengembangan Taman di Setiap Kecamatan dan RW Kota Cimahi. Menyadari pentingnya taman sebagai ruang terbuka hijau, Dicky mengungkapkan keinginannya agar setiap Kecamatan, bahkan hingga tingkat RW, memiliki taman di masa mendatang. Namun, ia menekankan bahwa dalam penyediaan dan pemanfaatan ruang terbuka hijau, perlu mempertimbangkan aspek fungsi ekologis, resapan air, ekonomi, sosial budaya, estetika, dan penanggulangan bencana.

“Keberadaan taman-taman ini harus kita jaga, lestarikan, dan tata dengan baik agar dapat mendukung kehidupan sosial masyarakat, sehingga pada akhirnya dapat memberikan kebahagiaan bagi warga,” tutup Dicky.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp Kabaran Jabar Portal Informasi biar enggak ketinggalan update)

Kontributor: IKPS
Editor: Warsono

Posting Komentar untuk "Pj Wali Kota Cimahi: Rencana Taman di Setiap Kecamatan Cimahi"

Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Post ADS 1
Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Seedbacklink