Bappebti Luncurkan Layanan Call Center

Bappebti Luncurkan Layanan Call Center


Kabaran Wakil Rakyat, - Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) yang telah meluncurkan layanan call center untuk menerima aduan dari korban perdagangan digital seperti aset kripto dan investasi robot trading.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung dari Partai NasDem mengapresiasi Layanan pengaduan yang dinamai Lini (Layanan Informasi) Bappebti tersebut merupakan salah satu hasil rapat Komisi VI DPR RI dengan Bappebti beberapa waktu lalu.

“Kita apresiasi Bappebti yang telah melaksanakan hasil rapat kerja kita. Kita berharap peluncuran call center itu dapat membantu para korban perdagangan digital, seperti aset kripto maupun investasi robot trading untuk menyampaikan informasi maupun pengaduan," kata Martin dalam keterangannya, Jumat (24/6/2022).

Legislator NasDem itu juga berharap, adanya call center Lini Bappebti bisa mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi mengenai perdagangan berjangka komoditas (PBK), sistem resi gudang (SRG), dan pasar lelang komoditas (PLK).

"Call center ini juga diharapkan tidak hanya sebatas media komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah untuk mempermudah pengaduan dan kebutuhan. Namun juga penanganan cepat, hingga pencegahan kerugian masyarakat atas pelanggaran aturan perdagangan digital," tandasnya.

Lebih lanjut, Martin mengingatkan Bappebti untuk segera melaksanakan seluruh hasil rapat dengan Komisi VI DPR. Ia pun menjalaskan lima kesimpulan rapat Komisi VI DPR dengan Bappebti.

Pertama, penguatan regulasi perdagangan digital, perlindungan investor/pelanggan aset kripto dalam bursa fisik aset kripto, regulasi tentang penasehat berjangka, serta bursa aset kripto. Penyusunan regulasi tersebut dilakukan selambat-lambatnya dalam 90 hari.

Kedua, Bappebti bekerjasama dengan Ditjen Perdagangan Dalam Negeri untuk meningkatkan pengawasan dan pengamatan terhadap modus-modus baru yang sedang berkembang, penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan Langsung (SIUP L) berbasis resiko, baik yang sudah ada maupun akan diterbitkan, membangun pusat pengaduan masyarakat baik secara on-site maupun online (call center) dan memberikan sanksi yang tegas terhadap penyelewengan yang terjadi, termasuk pelarangan penjualan langsung (direct selling) dalam market place. Penyediaan layanan pengaduan masyarakat dilakukan selambat-lambatnya dalam 30 hari.

Ketiga, Bappebti didorong untuk meningkatkan edukasi dan sosialisasi serta langkah-langkah pencegahan dan potensi penyimpangan dalam praktik perdagangan digital dan investasi robot trading.

Keempat, Bappebti agar berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait serta aparat penegak hukum untuk melanjutkan proses hukum yang sedang berjalan terkait permasalahan investasi robot trading, memberikan kejelasan status dana masyarakat yang mengalami kerugian akibat investasi robot trading dengan target pelaporan progres dan status tersebut dilakukan selambat-lambatnya dalam 45 hari.

Kelima, Bappebti didorong untuk meningkatkan kompetensi SDM dan teknologi dalam rangka meningkatkan fungsi pengawasan dan edukasi terkait perdagangan digital.

Pusat Bantuan Lini Bappebti menyediakan empat saluran telepon dengan nomor 021-2301665, 021-2301654, 021-2301645, dan 021-2301663. Pusat Bantuan Lini Bappebti beroperasi setiap hari kerja dari Senin sampai Jumat mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB.*

RO/Darwis/Dis/

Posting Komentar untuk "Bappebti Luncurkan Layanan Call Center"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1