Ramadhan Tiba, Tebarkan Cinta untuk Orang Lain

Ramadhan Tiba, Tebarkan Cinta untuk Orang Lain / foto Instragam


Oleh: Idat Mustari

Kabaran Jabar, - Jika menggunakan akal bersumbu pendek, tidak salah orang yang bekerja keras mengumpulkan harta kemudian tidak sudi memberikan infaq, shadaqah untuk orang lain.

Tidak salah orang yang kurang tidur belajar hingga hapal puluhan ratusan buku, untuk tidak berbagi ilmu kepada orang lain. 

Mereka itu tidak paham, bahwa bershadaqah, berinfak, memberi ilmu kepada orang lain adalah kebajikkan yang akan menurunkan ampunan baginya, yang membuat semut-semut yang ada di liangnya, ikan-ikan yang ada di air memohonkan ampunan baginya.

Harta yang dikumpulkannya hanya bermanfaat setelah ia infakkan. Ilmu hanya bermanfaat setelah ia mengajarkannya. 

Seseorang hanya bisa disebut manusia sebaik-baiknya, setelah ia mencurahkan potensi dirinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Aku dan kamu tak tahu berapa lama lagi  akan hidup, tetapi selagi hidup semoga Allah memberi kemampuan bisa menghibur orang yang sedang membutuhkan senyuman dan anggukan. Yang membutuhkan kata-kata baik dan perbuatan terpuji.

Yang  meringankan beban kesedihan, kegalauan orang lain, baik dekat maupun jauh. Bisa menghibur hati yang lelah atau lesu. Bisa mengubah kerut di kening menjadi tawa riang nan bening. 

Rasa-rasanya aku dan kamu tak perlu risau akan berapa lama lagi hidup di sini, asal bisa memberi, meskipun dengan segelas air putih, secangkir kopi, ataupun sebaris kalimat penggugah jiwa yang sedang rapuh. Semoga dengan demikian hidup ini tak sia-sia. 

Ramadhan segera tiba, maka tebarkanlah cinta.Tak perlu  benci pada orang yang telah membuat luka hati.

“Ya Allah, berilah kesadaran pada diriku untuk bertobat, serta berikan kemampuan padaku untuk berbuat kebaikan meskipun kecil, tak berarti dalam pandangan manusia, tapi mulia dalam Pandangan-Mu,"

"Ya Allah  Berikanlah kepadaku kesabaran dalam menjalani segala hal yang tak ku inginkan, serta kemampuan bersyukur, agar aku tidak mengkufuri setiap nikmat.” 

Semoga bait doa ini bermanfaat bagi aku dan kamu.

Selamat menyambut bulan suci ramadhan 1444 H mohon maaf lahir batin. Semoga Allah memberikan umur yang panjang nan berkah, kesehatan dan keluasan rezeki. Aamiin.

Salam Takjim

Posting Komentar untuk "Ramadhan Tiba, Tebarkan Cinta untuk Orang Lain"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1