Skenario Buruk Bisa Merugikan Orang Lain

Skenario Buruk Bisa Merugikan Orang Lain / Foto: Pixabay

Kabaran Jabar, - Kunasehati diriku dan juga mungkin dirimu, bahwa Kita tidak akan pernah tahu skenario pikiran yang ada di kepala orang lain. Begitupun sebaliknya orang lain tidak akan pernah tahu apa yang sedang kita pikirkan.


Jika yang ada dalam pikiran itu adalah skenario yang buruk, maka kita sedang menuju kearah ketidak bahagiaan. Menurut  buku “life's Missing Instruction Manual The Guidebook.”


Kunci bahagia adalah membuang skenario buruk yang ada di kepala kita. Baik skenario buruk pada diri sendiri, terlebih-lebih skenario buruk yang bisa merugikan orang lain.


Semua manusia memiliki kemampuan berpikir, namun tidak semua manusia mampu berpikir benar. Padahal berpikir benar adalah cara untuk bahagia. Berbahagialah bagi siapapun yang bisa berpikir benar. Kalaupun tindakkannya belum benar, yang terpenting berpikir benar terlebih dahulu.


Berpikir benar hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki kebeningan hati. Berpikir benar akan membawa kepada peningkatan kualitas kemanusiaan kita, menuju ridha Allah.


Berpikir benar adalah berpikir bukan hanya untuk aku, tapi bagaimana untuk kamu dan kalian. Sebab ada juga yang merasa berpikir benar, meskipun mungkin orang lain tidak diuntungkan, bahkan dirugikan. Maka jika itu yang kita lakukan, sesungguhnya kita sedang berpikir salah.


Hidup itu adalah pilihan. Terserah kita mau berpikir benar atau salah. Yang jelas kita harus belajar menjernihkan pikiran dan membeningkan hati sebab itu kunci bisa berpikir benar. Salam Takjim


Oleh: Idat Mustari


Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Skenario Buruk Bisa Merugikan Orang Lain"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1