Pj Wali Kota Banjar Lakukan Monitoring Penyaluran Bansos

Pj Wali Kota Banjar Lakukan Monitoring Penyaluran Bansos

Kabaran Banjar, - Penjabat Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, menyerahkan Bantuan Sosial (Bansos) bagi lanjut usia dan penyandang disabilitas di Kota Banjar untuk Tahun Anggaran 2023. Acara penyerahan ini dilaksanakan pada Sabtu, 9 Desember 2023.


Bantuan Sosial tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Banjar Tahun Anggaran 2023 dengan total anggaran sebesar Rp. 914.500.000,-. Bantuan tersebut disalurkan kepada 1.689 penerima, terdiri dari bantuan lansia sebanyak 1.589 penerima dengan bantuan sebesar Rp. 500.000,-, serta bantuan Disabilitas untuk 100 orang sebesar Rp. 1.200.000,-. Distribusi bantuan dilaksanakan mulai tanggal 09 sampai tanggal 14 Desember 2023 dengan kerjasama Bank BJB Cabang Banjar.


Penyaluran bantuan sosial pada hari pertama dilakukan di 5 lokasi penyaluran, yaitu Aula Desa Cibereum Kecamatan Banjar, Aula Desa Jajawar Kecamatan Banjar, Aula Desa Sinartanjung Kecamatan Pataruman, Aula Kelurahan Karangpanimbal Kecamatan Purwahraja, serta Aula Kelurahan Purwaharja Kecamatan Purwaharja.


Di Desa Cibereum, bantuan disalurkan untuk 36 lansia dan 4 orang disabilitas, Desa Jajawar bantuan diberikan kepada 38 orang lansia dan 4 orang disabilitas, di Desa Sinartanjung bantuan diberikan kepada 34 orang lansia dan 4 orang disabilitas.


Di Desa Karangpanimbal diberikan kepada 40 orang lansia dan 4 orang disabilitas, serta di lokasi terakhir di Kelurahan Purwaharja, bantuan diserahkan untuk 64 lansia dan 4 orang disabilitas.


Pada kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota Banjar, Ida Wahida Hidayati, melakukan monitoring penyaluran bantuan sosial di dua lokasi, yaitu Desa Cibeureum dan Desa Jajawar.


Mengawali arahannya, Ida menyampaikan bahwa beliau ditugaskan oleh Presiden RI melalui Menteri Dalam Negeri untuk mengemban amanah sebagai Pj. Wali Kota Banjar selama satu tahun ke depan. Dalam menjalankan amanah tersebut, Ida dihadapkan dengan persiapan pelaksanaan Pemilu pada Tahun 2024 nanti.


"Saya berharap, Pemilu di Kota Banjar dapat berjalan dengan aman, damai, dan sukses. Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mendatangi TPS yang ada di Kota Banjar untuk melaksanakan hak pilihnya. Pilihlah calon wakil untuk lima tahun ke depan sesuai dengan hati nurani bapak dan ibu semua dengan melihat track record, asal asul dari calon yang dipilih," ujar Ida dalam arahannya.


Dalam kesempatan tersebut, Ida juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk mewaspadai datangnya bencana, mengingat akan segera memasuki musim penghujan. "Bencana hakekatnya datang dari Allah SWT, kita sebagai manusia diwajibkan ikhtiar untuk menghadapinya," ujarnya.


Lebih lanjut, Ida Wahida Hidayati mengatakan bahwa penyerahan bantuan ini berasal dari APBD Kota Banjar untuk membantu lansia serta disabilitas di Kota Banjar. Bantuan tersebut boleh digunakan oleh penerima bantuan untuk apa saja karena merupakan hibah sosial yang menjadi hak penerima, dan tidak diwajibkan untuk mengembalikan bantuan tersebut.


“Semoga bantuan ini berguna dan memberikan manfaat bagi bapak dan ibu semua, sehingga mampu sedikit mengurangi beban bapak dan ibu semua. Terakhir, saya memohon dukungan dari bapak dan ibu semua dalam melaksanakan amanah sebagai Pj. Wali Kota Banjar,” pungkasnya.


Turut hadir mendampingi, Staf Ahli Bidang Politik Hukum dan Pemerintahan, serta Kepala Dinas Sosial Kota Banjar. (Yus)


Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Pj Wali Kota Banjar Lakukan Monitoring Penyaluran Bansos"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1