Seminar Koperasi dan UKM di Jawa Barat

Seminar Koperasi dan UKM di Jawa Barat
Kabaran Jabar, - PT. ICHIMARU co. Ltd Hironori Yano beserta team mengadakan seminar sehari di gedung pertemuan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Barat.

Lulusan Fakultas Hukum Universitas Tokyo pada tahun 1963 ini, telah menduduki berbagai posisi bergengsi di perusahaan Jepang yang terkenal secara internasional.

Salah satunya Toshiba Corporation, pabrikan elektronik dari Jepang yang terkenal di seluruh dunia.

Hinori memulai debutnya di Toshiba dan kemudian menjadi chief Representative dan President of Toshiba Europe pada tahun 1987.

Karena kepiawaian, kecerdasan, dan pengalamannya di dunia bisnis, Hinori sering dipercaya menduduki posisi penting di banyak perusahaan dan organisasi bisnis.

Dalam seminar Koperasi dan UKM di Jawa Barat, Hinori menjelaskan bahwa mereka juga datang ke Jawa Barat untuk pengembangan SDM dan merekrut tenaga kerja ke Jepang.

"Job Fair merekrut sarjana S1 dan S2 dari universitas-universitas di Indonesia, untuk menjadi tim ahli di Jepang. Salah satu yang kami rekrut adalah calon S2 dari universitas Diponegoro," terang Hinori.

Hinori membahas pentingnya CSR bagi semua perusahaan. Diharapkan perusahaan-perusahaan tersebut memberikan manfaat melalui program sosial yang wajib diberikan kepada masyarakat.

"Pimpinan harus bekerja sama dengan karyawan untuk mendapatkan informasi lebih banyak," 

Tiga pilar kesehatan sebuah perusahaan: 1. Laporan keuangan sehat 2. Sehat aset 3. Sehat kredit Kita tidak bisa hidup sendiri, harus baik dengan tetangga dan perusahaan lain.

Salah satu pimpinan Toshiba Toshio Doko mengatakan bahwa rumput hijau pun dapat terbakar jika terkena api kuat dan besar. 

Ini mengajarkan kita untuk tetap waspada, karena segala sesuatu bisa terjadi. Sekitar 33.250 perusahaan Jepang yang sudah berdiri selama ratusan tahun dan terdaftar di bursa saham.

Mereka berhasil bertahan dan memiliki umur panjang karena mengambil keuntungan yang tidak terlalu besar, tetapi tetap mengedepankan keuntungan.

Kuncinya adalah pola pikir dan filosofi manajemen serta kepemimpinan yang dimiliki oleh pimpinan perusahaan.

Satu data menarik jumlah perusahaan di jepang 4,220 juta. Dari jumlah tersebut 4.210jt nya UKM di Jepang, salah satunya 53% industri manufaktur disumbangkan.

Dengan banyak bisnis, waktu pagi digunakan untuk mendapatkan inspirasi keputusan besar. Produk toiletris Yamughni berkesempatan memamerkan produknya selama seminar bisnis berlangsung.

"Kita berharap Koperasi Yamughni agar produk organik mereka dapat bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan Jepang kedepan melalui para pembicara yang datang hari ini," harap Deni, sebagai sekjend Koperasi Yamughni.

Perusahaan lain yang diberikan kesempatan sharing dalam seminar bisnia tersebut adalah, PT. Ichimaru co. Ltd dengan CEOnya Matsumura Tomoyosho. *

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Seminar Koperasi dan UKM di Jawa Barat"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1