Kondisi Sosial Masyarakat Pasar Atas Akibat Kenaikan Harga Cabai

Kondisi Sosial Masyarakat Pasar Atas Akibat Kenaikan Harga Cabai
Kabaran Cimahi, - Harga komoditas cabai di Pasar Atas Kota Cimahi mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Akibatnya, daya beli masyarakat menurun dan omzet pedagang sayuran juga menurun karena harganya yang mahal.

Berdasarkan data UPT Pasar Kota Cimahi, harga cabai merah tanjung di Pasar Atas Kota Cimahi mencapai Rp 110 ribu per kilogram, cabai rawit merah Rp 55 ribu per kilogram, dan cabai keriting merah Rp 60 ribu per kilogram.

Seorang pedagang sayuran di Pasar Atas Kota Cimahi, Nining (72), mengatakan bahwa kenaikan harga cabai sudah terjadi sekitar satu bulan yang lalu. Selanjutnya, harga terus merangkak naik hingga mencapai Rp 110 ribu per kilogram.

"Harga cabai merah tanjung biasanya berkisar Rp 60 ribu per kilogram, cabai rawit merah sekitar Rp 28 ribu per kilogram, dan cabai keriting sekitar Rp 30 ribu per kilogram," ujarnya di Pasar Atas Cimahi, Minggu (18/2/2024).

Menurut Nining, penyebab kenaikan harga komoditas cabai tersebut tidak diketahui secara pasti. Namun, dia menduga bahwa cuaca ekstrem mungkin menjadi faktor utama, yang menyebabkan gagal panen bagi para petani.

"Harganya naik mungkin karena pengaruh dari musim hujan, stoknya enggak sebanding dengan kebutuhan. Apalagi sebentar lagi memasuki bulan Ramadan bakal banyak permintaan," tambahnya.

Nining menyatakan bahwa kenaikan harga cabai telah menyebabkan penurunan omzet, sehingga saat ini dia tidak lagi menyediakan stok cabai merah tanjung karena harganya yang mahal dan minim pembeli.

"Saya sengaja tidak membeli karena sulit menentukan harga jual yang sesuai dengan harga yang sangat tinggi ini. Dengan modal yang besar dan mempertimbangkan kesejahteraan masyarakat, saya rasa lebih baik tidak menjualnya," kata Nining.

Meskipun demikian, Nining mencatat bahwa masih ada pembeli yang menanyakan tentang cabai merah tanjung. Namun, setelah mengetahui harganya yang tinggi, mereka memutuskan untuk tidak membelinya.

"Naluri bisnis kami berharap ada penurunan harga agar kami bisa kembali menjual cabai tanjung. Kondisi saat ini memang cukup sulit karena harga yang sangat tinggi," ucap Nining dengan harapan agar harga cabai segera turun. *

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Kondisi Sosial Masyarakat Pasar Atas Akibat Kenaikan Harga Cabai"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1