Cimahi Punya Desa Budaya, Ketua Komisi I DPRD: Jadi Magnet Menarik Wisatawan Berkunjung


Cimahi Punya Desa Budaya, Ketua Komisi I DPRD: Jadi Magnet Menarik Wisatawan Berkunjung

Kabaran Jabar, - Kehadiran Eko Wisata Cimahi membawa harapan baru bagi sektor pariwisata di tengah terbatasnya sumber daya alam di Kota Cimahi.

Selain itu, pengembangan Eko Wisata Cimahi yang semakin ditingkatkan diharapkan dapat menjadi magnet menarik wisatawan untuk berkunjung.

Salah satu yang menarik adalah hadirnya 21 jenis pohon jambu biji yang berbeda, semakin menambah pesona kawasan wisata alam di kota yang dijuluki Kota Prajurit ini.

“Alhamdulillah, Cimahi kini memiliki tempat wisata yang indah dan asri untuk dinikmati masyarakat. Seperti kita ketahui, Cimahi kekurangan sumber daya alam apalagi tempat wisata,” ujar Hendra Saputra, Ketua Komisi I DPRD Kota Cimahi dari Fraksi Gerindra, baru-baru ini.

Ia menilai pemanfaatan lahan untuk keperluan pariwisata sebagai langkah inovatif. Dengan demikian, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pendapatan asli daerah (PAD) melalui peningkatan jumlah wisatawan.

Oleh karena itu, infrastruktur harus kita perhatikan secara matang, perlu dipersiapkan secara matang, tandasnya.

“Karena kalau soal tempat wisata kalau infrastrukturnya kurang memadai maka tidak bisa dikenali oleh wisatawan, apalagi yang dari luar daerah,” imbuhnya.

Dengan dibukanya Eko Wisata Cimahi, ia berharap objek wisata ini dapat melengkapi berbagai destinasi wisata lainnya yang dikembangkan dengan kekayaan seni dan budaya yang ada di Kota Cimahi.

“Cimahi sangat kaya akan seni dan budaya, sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan,” imbuhnya.

“Ini salah satu tempat wisata yang kami coba kondisikan menjadi sesuatu yang menarik di Kota Cimahi,” ujarnya.

Ia pun mengapresiasi kehadiran tempat wisata di Cimahi. Meski merupakan kota yang hanya memiliki tiga kabupaten, namun memiliki potensi wisata yang terbatas pada lokasi yang ada. Namun bisa juga ditemui di daerah lain seperti di Cimahi Selatan, misalnya di Ciseupan.

“Di sana kita bisa berkolaborasi dengan ahli waris untuk mengkondisikannya menjadi destinasi wisata. Ada juga Cirendeu, kita bangga meski kecil, Cimahi punya desa budaya,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia berharap kawasan desa budaya dapat lebih diperluas mengingat Desa Budaya Cireundeu telah mendapatkan pengakuan internasional karena ketahanan pangannya yang berbasis konsumsi singkong.

"Ini merupakan tradisi yang berpotensi untuk dikembangkan ke depan," ujarnya.

Ia pun menilai Cimahi memiliki potensi besar karena merupakan jalur transit yang strategis. Namun Hendra menegaskan, untuk menarik wisatawan perlu adanya daya tarik yang kuat agar masyarakat tertarik berkunjung ke Cimahi.

“Saya yakin di tahun-tahun mendatang, Kota Cimahi dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi baik oleh masyarakat sekitar maupun masyarakat luar Cimahi,” tutupnya. *

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Cimahi Punya Desa Budaya, Ketua Komisi I DPRD: Jadi Magnet Menarik Wisatawan Berkunjung"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1