DomaiNesia

Figur yang Masuk Bursa Kandidat Walikota Wakil Walikota Cimahi


Figur yang Masuk Bursa Kandidat Walikota Wakil Walikota Cimahi

Oleh: Djamu Kertabudi

Kabaran Cimahi, - Sebagaimana diatur pada pasal 7 UU no.10 Tahun 2016 Tentang Pilkada, yang berbunyi "Setiap warga negara memperoleh kesempatan yang sama untuk mencalonkan dan dicalonkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota".

Maka dari itu, sebagai konsekwensi logis dari ketentuan ini semestinya partai politik yang memenuhi persyaratan sudah memulai melakukan penjaringan dan penyaringan bakal calon melalui pendaftaran secara resmi dan terbuka kepada publik, meskipun ada opsi lain melalui jalur perseorangan.

Rupanya dalam rangka memenuhi peraturan perundangan yang berlaku, dan guna memperoleh kandidat yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan partai serta harapan masyarakat, maka Partai Demokrat Kota Cimahi hari sabtu kemarin secara resmi melalui media telah mempelopori membuka pendaftaran Calon Walikota dan Wakil Walikota Cimahi pada perhelatan pilkada 2024. Kebijakan dan tindakan partai ini patut di apresiasi untuk memberi kesempatan khususnya kepada putra terbaik Cimahi umumnya masyarakat luas, yang berminat dalam kontestasi pilkada 2024 Cimahi. 

Partai Demokrat pada pemilu 2024 kemarin memperoleh 6 kursi di DPRD Kota Cinahi. Dengan demikian dalam pengusungan pasangan calon perlu berkoalisi dengan partai lain untuk memenuhi persyaratan sekurang-kurangnya 9 kursi (20%) di DPRD Kota Cimahi Hal ini sangat terbuka, mengingat hanya memerlukan sekurangnya 3 kursi lagi. Lantas kapan partai lain menyusul untuk membuka pendaftaran, kita tunggu saja.

Perolehan kursi partai politik di DPRD Kota Cimahi telah resmi diumumkan KPU, yaitu terdiri dari, PKS 9 Kursi, Golkar 7 kursi, PDIP 6 Kursi, Demokrat 6 kursi, Gerindra 5 kursi, Nasdem 5 kursi, PKB 4 kursi, PAN 2 kursi, dan PPP 1 kursi. Sehingga bila mengambil pola koalisi minimalis, akan terdapat 4 paslon yang di usung koalisi partai. Hal ini akan mendorong peningkatan partisipasi masyarakat Cimahi.

Berdasarkan info yang berkembang dari berbagai pihak, figur yang masuk bursa kandidat Walikota/Wakil Walikota Cimahi baik dari unsur kader partai naupun non kader adalah sbb :

I KADER PARTAI
   1. Wachyu Widyatmoko (PKS) 
   2 Ahmad Zulkarnaen (PKS) 
   3 Bagja Setiawan (PKS). 
   4 Ali Hasan (Golkar)
   5. Mohamad Firaldi (Golkar() 
   6. Agung Yogaswara (PDIP) 
   7. Agung Budi Santoso (Demokrat) 
   8. Machfudz Sulaiman alias Kang Ebod (PKB) 
   9. Enang Sahri Lukmansyah (Nasdem) 
Dari partai lainnya belum terdengar. 

II NON KADER PARTAI :
1. Didik Suratno Nugrahawan (Sekda Cimahi) 
2. Ngatyana (mantan Wakil Walikota Cimahi) 
3. Arief Syaifudin (Pjbt Pemda Kota Bandung) 
4. Edi Sartono (Pengusaha) 

Dan kemungkinan nama-nama lainnya akan bermunculan. Waktu tinggal hitungan hari menuju pilkada 2024, kegiatan sosialisasi oleh KPU & Bawaslu yang berkolaborasi dengan unsur publik perlu segera dilakukan, adapun menyangkut dana pilkada yang bersumber dari dana hibah APBD Kota Cimahi sebesar 44 Milyar sudah tidak ada masalah lagi Apalagi yang harus ditunggu. Wallohu A'lam.

Posting Komentar untuk "Figur yang Masuk Bursa Kandidat Walikota Wakil Walikota Cimahi"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1