Pertahankan dan Lestarikan Budaya Lokal, DPRD Cimahi Beri Dukungan Penuh pada Pepadi


Pertahankan dan Lestarikan Budaya Lokal, DPRD Cimahi Beri Dukungan Penuh pada Pepadi keinginan untuk memiliki peralatan wayang Golek.

Kabaran Jabar, - Komisi IV DPRD Kota Cimahi dan Dinas Terkait menerima kunjungan dari Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kota Cimahi di ruang rapat Komisi IV DPRD Kota Cimahi pada Rabu, 6 Maret 2024. Sekitar 

Ketua Komisi IV DPRD Kota Cimahi, Ayis Laviliyanto membuka audiensi dan sekitar 20 orang dari DPRD turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Pada pertemuan audiensi, Ketua PEPADI mengungkapkan keinginan untuk memiliki peralatan wayang Golek.

Selain itu, ia juga menyoroti prestasi yang telah diraih oleh PEPADI, termasuk menjadi Juara Sinden Nasional, Juara Kendang tingkat Provinsi, Juara Pertama Gambang, dan pencapaian lainnya.

"DPRD akan mendukung dan memberikan dukungan penuh kepada Pepadi dalam upaya mereka untuk mempertahankan dan melestarikan budaya lokal, termasuk wayang Golek," Ketua Komisi IV DPRD Kota Cimahi, Ayis Laviliyanto.

Ayis menyatakan bahwa Dewan akan mengambil Pokok-Pokok Pikiran atau mengirim surat langsung kepada Pj Walikota untuk meminta agar kebutuhan yang disampaikan oleh Pepadi dapat dipenuhi.

"Semoga kebutuhan tersebut dapat dimasukkan dalam perubahan yang sesuai," ujar Ayis.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Cimahi, Fredy Siagian menyatakan bahwa keinginan dan keluhan yang disampaikan oleh Pepadi Kota Cimahi harus dipertimbangkan dengan serius sebagai bagian dari kepentingan warga Cimahi.

"Kita perlu mencari opsi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, bahkan mungkin melalui Pokok-Pokok Pikiran (Pokir) jika diperlukan," ujarnya.

Hal yang sama, Anggota Komisi IV, Dr. Irma juga menegaskan komitmennya untuk mengakomodir dan mendukung aspirasi masyarakat, termasuk Pepadi. Selain itu, ia juga menanyakan tentang kegiatan Pepadi dan pencapaian yang telah mereka raih.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) menjelaskan bahwa untuk sarana dan prasarana, telah ada penganggaran yang disusun pada tahun 2022 dan telah direncanakan secara sistematis.

Namun, Dinas hanya bisa mengajukan permohonan untuk pengesahan anggaran melalui persetujuan DPRD. (Bd20)

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Pertahankan dan Lestarikan Budaya Lokal, DPRD Cimahi Beri Dukungan Penuh pada Pepadi"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1