Post ADS 1

Rancangan Akhir RKPD: Penyusunan APBD Kota Cimahi Tahun 2025


Rancangan Akhir RKPD: Penyusunan APBD Kota Cimahi Tahun 2025

Kabaran Cimahi - Musrenbang merupakan tahapan penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap rancangan akhir RKPD melalui tahapan berjenjang yang akan menjadi pedoman dalam penyusunan APBD Kota Cimahi tahun 2025.

Pelaksanaan Musrenbang Kota Cimahi 2025 berlangsung di Gedung BPSDM Provinsi Jawa Barat Jl. Kolonel Masturi - Kelurahan Cipageran Kota Cimahi, Kamis (7/3/2024).

Pj. Walikota Cimahi Dicky Saromi menyatakan terima kasih kepada seluruh peserta musrenbang sejak dari tingkat RT/RW yang meluangkan waktu, tenaga dan pikiran, dalam FGD Pra-Musrenbang membahas kebijakan RKPD Kota Cimahi 2025.

"Musrenbang menjadi puncak dari proses perencanaan pembangunan partisipatif secara berjenjang yang telah disepakati bersama dan ditandatangani. Saya berharap rangkaian proses Musrenbang tidak sekadar agenda rutin sebagai pemenuhan regulasi, tapi dilaksanakan untuk menghasilkan kebijakan perencanaan pembangunan yang memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Tema pembangunan Kota Cimahi yang akan diusung dalam RKPD tahun 2025 adalah: "Perwujudan Stabilitas Perekonomian dan Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia".

Tema tersebut diusung dalam rangka antisipasi terhadap ketidakpastian global yang berpotensi adanya ancaman inflasi akibat krisis energi dan pangan serta penurunan permintaan pasar terutama pasar ekspor terhadap produksi dalam negeri.

"Dalam musrenbang kali ini dengan tema tersebut yaitu untuk menjaga stabilitas ekonomi dan daya saing jadi oleh karena itu ini yang kita lakukan sebagai awal tahun 2025," ucap Dicky.

"Kegiatan ini juga sebagai acuan perencanaan untuk awal tahun dari rpjp, karena rpjp kita 20 tahun dimulai dari 2025 maka dari itu temanya stabilitas ekonomi dan daya saing, jadi itu yang akan kita prioritaskan," Dicky menambahkan.

Usulan dan kegiatan dari cara-cara berkegiatan yaitu harus mengusung sesuatu yang bertransformasi, berupa transformasi pembangunan, transformasi ini adalah perubahan dari cara lama ke cara yang lebih baru jadi oleh karena itu hal ini yang kita akan lakukan dan pasti banyak usulan-usulan.

"Usulan yang sudah banyak itu yang itu nanti akan kita seleksi sepanjang dia berkaitan atau relatif dengan apa yang menjadi tema tahun 2025, jadi selain membahas pembelanjaannya juga saya membahas pendapatan," Dicky harapkan.

Tidak hanya belanja kan tadi saya katakan pendapatan ini penting jangan sampai kita lupa sumber dananya dan untuk sumber pendapatan ini yang harus kita lakukan dengan mengintensifkan pendapatan asli daerah kita.

"Juga tentunya dalam hal ini saya harapkan kita bermohon kepada pemerintah provinsi Jawa barat juga nasional untuk ikut membantu dalam memajukan Cimahi untuk menjadi kota yang campernik," pungkasnya. *

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Rancangan Akhir RKPD: Penyusunan APBD Kota Cimahi Tahun 2025"

Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Post ADS 1
Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Seedbacklink