Erupsi Gunung Ruang, TNI AL Kirim Bantuan

Erupsi Gunung Ruang, TNI AL Kirim Bantuan / Paparan dari Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Muhammad Ali, disampaikan dalam pembukaan Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AL tahun 2023 di Auditorium Yos Sudarso Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, pada hari Senin, 13 Februari 2023.(Foto: Antara)
Erupsi Gunung Ruang, TNI AL Kirim Bantuan

Kabaran Siau, - Angkatan Laut Indonesia (AL) mengirimkan bantuan ke daerah yang terkena dampak erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara (Sulut) melalui Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Kapal tersebut juga digunakan untuk mengungsikan penduduk dari Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro yang terdampak, dengan proses evakuasi yang selesai dalam waktu 24 jam.

Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang dioperasikan adalah Kakap-811. Kapal tersebut berangkat pada Kamis (18/4), membawa bantuan kemanusiaan dari Kementerian Sosial (Kemensos) serta sejumlah kebutuhan pokok untuk masyarakat yang terdampak.

Update terbaru pada 18 April 2024 menyatakan bahwa Gunung Ruang telah menghentikan aktivitas letusannya. Namun, masih teramati adanya asap tebal yang menyebabkan hujan abu melanda hampir seluruh Pulau Tagulandang.

TNI AL mengirim bantuan yang terdiri dari ribuan paket makanan, selimut, tenda, genset, serta pakaian untuk orang dewasa dan anak-anak. Bantuan ini dianggap sangat penting oleh masyarakat.

Dalam operasinya bersama KRI tersebut, TNI AL mengerahkan 400 personel, termasuk dari unsur KRI, Markas Komando Lantamal VIII, personel Pangkalan TNI AL (Lanal) Tahuna, personel Marinir Yonmarhanlan, dan tenaga kesehatan TNI AL untuk mengoperasikan Posko Penanggulangan Bencana.

"Salah satu tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) adalah membantu dalam penanggulangan dampak bencana alam, proses pengungsian, dan penyediaan bantuan kemanusiaan," kata Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Manado, Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka, seperti yang dikutip dari pernyataannya.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, menyatakan bahwa pihaknya akan menjalankan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dengan bekerja sama baik dengan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dalam upaya penanggulangan bencana alam.

"Kami selalu memiliki pasukan reaksi cepat untuk penanggulangan bencana, dan kami telah menyiapkan kapal-kapal yang diperlukan," ujar Muhammad Ali. *

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Erupsi Gunung Ruang, TNI AL Kirim Bantuan"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1