RKPD Jadikan Majalengka Sebagai Pintu Gerbang Internasional

RKPD Jadikan Majalengka Sebagai Pintu Gerbang Internasional

Kabaran Majalengka, - Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Majalengka Tahun 2025 harus memprioritaskan isu-isu strategis untuk pengembangan pembangunan berkelanjutan di wilayah tersebut. Tujuan utama adalah menjadikan Majalengka sebagai pintu gerbang Internasional yang berdaya saing, maju, dan berkelanjutan.

Pj Bupati Majalengka, Dedi Supandi, mengungkapkan hal ini saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Majalengka Tahun 2025 dan RPJPD Kabupaten Majalengka Tahun 2025-2045. Dalam acara tersebut, ia menyampaikan arah kebijakan ekonomi yang ditujukan pada tahun 2025, mencakup sektor Pariwisata, Ekonomi Kreatif, tenaga kerja, UMKM, investasi, serta digitalisasi.

Dedi Supandi juga mengulas mengenai isu-isu besar yang akan mempengaruhi pembangunan tahun 2025, seperti implementasi UU No 1 Tahun 2022 tentang Keuangan Pemerintah dan Daerah, transisi tahun politik yang melibatkan pelantikan anggota legislatif dan kepala daerah terpilih, serta pertumbuhan ekonomi yang dipengaruhi oleh faktor global dan nasional.

Menurutnya, strategi pembangunan tahun 2025 di Kabupaten Majalengka meliputi transformasi pasar ternak regional, transformasi depo ikan menjadi pasar wisata, perencanaan wilayah untuk pengembangan kawasan teknologi, penataan situs bersejarah, dan pembangunan pusat pariwisata.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan Kabupaten Majalengka, H. Yayan Sumantri, menegaskan pentingnya Musrenbang sebagai pendekatan partisipatif dalam perencanaan pembangunan. Penyusunan rencana tahun 2025 tetap difokuskan pada peningkatan pembangunan manusia, pembangunan ekonomi berkelanjutan, dan peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan.

Visi-misi dalam dokumen RPJMD akan menjadi acuan bagi calon kepala daerah yang akan bersaing dalam Pilkada tahun 2024, sementara indikator dasarnya akan ditetapkan pada tahun 2024. Dedi Supandi juga menekankan pentingnya memprioritaskan isu-isu strategis sebagai arah pembangunan Majalengka. *

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "RKPD Jadikan Majalengka Sebagai Pintu Gerbang Internasional"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1