Post ADS 1 **********. Kabaran News and Music. **********

Memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia 2024, Biodiversity Warriors Yayasan KEHATI Lakukan Pengamatan di Tebet Eco Park

Memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia 2024, Biodiversity Warriors Yayasan KEHATI Lakukan Pengamatan di Tebet Eco Park
Memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia 2024, Biodiversity Warriors Yayasan KEHATI Lakukan Pengamatan di Tebet Eco Park

Kabaran Jabar, - Pada 15 Mei 2024, dalam rangka memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia, Biodiversity Warriors dari Yayasan KEHATI mengadakan pengamatan flora dan fauna di Kawasan Tebet Eco Park, Jakarta Selatan. Kegiatan tahunan ini juga diselenggarakan di kota lain seperti Bandar Lampung dan Pontianak, dengan tujuan melakukan pendataan keanekaragaman hayati sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama generasi muda perkotaan.


Dalam pengamatan tersebut, selain mencatat berbagai jenis burung, Biodiversity Warriors KEHATI juga mengamati satwa lain seperti serangga, amfibi, dan reptil. Direktur Komunikasi dan Kemitraan Yayasan KEHATI, Rika Anggraini, menyatakan, “Selain di habitat alami dan kawasan konservasi, Yayasan KEHATI melalui gerakan Biodiversity Warriors juga aktif melakukan kampanye program pelestarian keanekaragaman hayati di kawasan perkotaan. Kegiatan ini melibatkan banyak elemen terkait mulai dari kampus, komunitas muda, lembaga penelitian, LSM lingkungan, hingga kementerian dan pemerintah daerah.”


Pada kesempatan ini, Burung Takur Ungkut-Ungkut berhasil ditemukan di Tebet Eco Park, yang dipilih berdasarkan data Profil Keanekaragaman Hayati Provinsi DKI Jakarta 2023. Data tersebut menunjukkan bahwa Tebet Eco Park memiliki jumlah jenis burung terbanyak di DKI Jakarta, bersama Hutan Kota Monas, yaitu sebanyak 25 jenis burung. Pendataan jenis burung ini penting karena menggambarkan kondisi habitat, vegetasi, lingkungan, dan aktivitas manusia.


“Melindungi keanekaragaman hayati di wilayah perkotaan sangat penting. Selain menjaga ekosistem perkotaan, jasa lingkungan yang diberikan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Tentunya ini adalah tantangan yang tidak mudah karena dilakukan di area yang lebih kecil dengan jumlah penduduk yang jauh lebih padat dengan segala aktivitasnya yang lebih kompleks,” jelas Rika.


Keanekaragaman hayati berperan penting dalam membentuk kota yang berkelanjutan dan adaptif terhadap perubahan iklim. Pohon-pohon dan vegetasi di kota membantu mengurangi efek panas perkotaan, menurunkan suhu udara, dan mengurangi kebutuhan energi untuk pendinginan. Selain itu, keberagaman jenis tanaman dapat meningkatkan ketahanan ekosistem terhadap perubahan suhu yang ekstrem.


Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2020, 57,3 persen penduduk Indonesia tinggal di wilayah perkotaan, dan jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi 66,6 persen pada tahun 2035. 


Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia tahun ini mengusung tema “Be Part of the Plan” atau “Menjadi Bagian dari Rencana,” yang mengajak semua pihak untuk mendukung implementasi kerangka kerja global dalam mengurangi laju hilangnya keanekaragaman hayati, sebagaimana tercantum dalam Konvensi PBB yang dikenal sebagai Kunming-Montreal Global Biodiversity Framework (GBF).


“Kedepannya, kami berharap semakin banyak generasi muda yang peduli dan terlibat dalam aksi nyata pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia, khususnya di daerah perkotaan,” tutup Rika.


Contact

Muhammad Syarifullah  

PR and Education Outreach Manager KEHATI  

Email: m.syarifullah@kehati.or.id


Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia 2024, Biodiversity Warriors Yayasan KEHATI Lakukan Pengamatan di Tebet Eco Park"

Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Post ADS 1
Post ADS 1
Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Seedbacklink