Pilwalkot 2024, Pemkot Cimahi Siapkan Anggaran dan Ini Rinciannya

Pilwalkot 2024, Pemkot Cimahi Siapkan Anggaran dan Ini Rinciannya
Pilwalkot 2024, Pemkot Cimahi Siapkan Anggaran dan Ini Rinciannya

Kabaran Cimahi, - Pemerintah Kota Cimahi mengalokasikan anggaran hibah yang cukup besar untuk pelaksanaan Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) yang dijadwalkan pada November 2024.

Total anggaran yang disiapkan untuk Pilwalkot mencapai lebih dari Rp44 miliar. Rinciannya termasuk hibah sebesar lebih dari Rp35 miliar untuk KPU Kota Cimahi dan lebih dari Rp9 miliar untuk Bawaslu Kota Cimahi.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi, Harjono, menyatakan bahwa anggaran hibah tersebut saat ini sedang dalam proses pencairan yang dilakukan dalam dua tahap.

"Nilainya sudah final, yaitu Rp44 miliar. Penggunaannya akan sesuai dengan proposal yang diajukan oleh KPU Kota Cimahi. Saat ini sedang dalam tahap pencairan," ujar Harjono saat dimintai konfirmasi pada Selasa (7/5/2024).

Harjono menyatakan bahwa dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan Pilwalkot 2024, telah dibentuk badan Ad Hoc yang melibatkan sejumlah dinas di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi.

"Kami tidak memiliki anggaran khusus untuk Pilkada ini, namun tiap dinas akan menggunakan anggaran rutin yang sudah dialokasikan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing untuk mendukung kelancaran Pilwalkot ini," jelas Harjono.

Ketua KPU Kota Cimahi, Anzhar Ishal Afryand, menyampaikan bahwa menjelang pelaksanaan Pilwalkot, Pemkot Cimahi baru menyetorkan sebagian kecil anggaran hibah yang telah dijanjikan.

"Hingga saat ini, kami baru menerima sekitar 40 persen dari total anggaran sebesar Rp35,7 miliar. Sisanya, kami diinformasikan akan disalurkan lima bulan menjelang dimulainya Pilwalkot," ujarnya.

Anzhar menjelaskan bahwa sebagian besar anggaran hibah akan dialokasikan untuk pengadaan logistik Pilwalkot dan kampanye untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pemilihan.

"Fokus utamanya adalah pada logistik dan sosialisasi. Selain itu, anggaran tersebut hanya untuk digunakan dalam satu putaran Pilwalkot," jelas Anzhar. *

Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Pilwalkot 2024, Pemkot Cimahi Siapkan Anggaran dan Ini Rinciannya"

https://jabar.kabaran.id/?m=1
https://jabar.kabaran.id/?m=1