Post ADS 1

Pemeriksaan Ribuan Hewan Kurban di Kota Cimahi

Pemeriksaan Ribuan Hewan Kurban di Kota Cimahi
Pemeriksaan Ribuan Hewan Kurban di Kota Cimahi

Kabaran Jabar, - Ribuan hewan ternak yang akan dikurbankan pada Idul Adha 1445 H di Kota Cimahi ditargetkan untuk menjalani pemeriksaan guna memastikan kesehatan dan menghindari penyakit.


Petugas Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi akan melakukan pemeriksaan, yang mencakup pemeriksaan ante mortem (sebelum pemotongan) dan post mortem (setelah pemotongan).


Kepala Dispangtan Kota Cimahi, Tita Mariam, mengatakan bahwa pada Idul Adha 1445, pihaknya akan memeriksa sekitar 3.000 hewan ternak seperti sapi, kambing, dan domba di tingkat pedagang.


"Kami akan menyediakan 3.000 kalung sehat untuk pemeriksaan yang dilakukan di tingkat pedagang, baik sebelum maupun setelah pemotongan," katanya saat dihubungi pada Kamis (30/5/2024).


Dalam melakukan pemeriksaan tersebut, pihaknya akan mengirimkan 35 petugas, termasuk 22 petugas dari Dispangtan, serta siswa magang dan anggota Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI).


"Pengiriman petugas ini dimulai pada H-10 menjelang Hari Raya Idul Adha. Hal ini bertujuan untuk memastikan kesehatan dan kelayakan semua hewan kurban di Kota Cimahi," ungkap Tita.


Petugas yang akan dikirim akan fokus pada hewan kurban yang dijual di tingkat pedagang, dengan cara mengunjungi lokasi penjualan hewan kurban yang tersebar di 15 kelurahan di Kota Cimahi.


"Setelah itu, hewan yang telah dinyatakan sehat dan memenuhi persyaratan akan diberikan label berupa kalung kesehatan yang telah dipersiapkan sebelumnya," jelasnya.


Dia menyampaikan bahwa pada tahun 2023, jumlah hewan kurban yang dipotong (post mortem) mencapai 3.829 ekor, terdiri dari 1.781 ekor sapi, 1.992 ekor domba, dan 56 ekor kambing.


Selain melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, tim juga akan menjalankan prosedur administratif terkait lalu lintas hewan, termasuk penerbitan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).


"Pentingnya membawa surat keterangan kesehatan, mengingat banyaknya hewan kurban yang dijual di Cimahi berasal dari luar daerah," jelas Tita. *


Editor: Mas Bons

Posting Komentar untuk "Pemeriksaan Ribuan Hewan Kurban di Kota Cimahi"

Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Post ADS 1
Iklan Baris
Membuat Web Propesional. - Hub: - Kabaran Market di 0878-5243-1990
Penjualan Motor
- - -
Seedbacklink